Find Us On Social Media :

iQOO 12 Meluncur di Tanah Air, Pertama dengan Snapdragon 8 Gen 3

By Cakrawala Gintings, Minggu, 17 Desember 2023 | 08:00 WIB

Roshinna Erawaty (iQOO Brand & Marketing; kanan), Praditya A. Putra (iQOO Head of Product; kedua dari kanan), dan Dominikus Susanto (Senior Manager Business Development, Qualcomm Indonesia) berfoto bersama pada peluncuran iQOO 12 di Jakarta belum lama ini. iQOO 12 merupakan smartphone dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 pertama di Indonesia.

Beberapa waktu lalu di Jakarta, iQOO meluncurkan iQOO 12 di Indonesia. Ditujukan sebagai smartphone dengan kinerja tinggi, iQOO mengeklaim iQOO 12 adalah smartphone pertama di tanah air yang memakai Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 untuk SoC-nya. Snapdragon 8 Gen 3 sendiri merupakan SoC flagship Qualcomm terkini yang notabene menawarkan kinerja tertinggi dalam jajaran SoC Qualcomm untuk smartphone masa kini. Namun, iQOO memastikan bahwa iQOO 12 menawarkan kinerja tinggi dalam berbagai aspek, tidak hanya sehubungan SoC. iQOO mengeklaim iQOO 12 antara lain juga menawarkan displai, baterai, dan kamera yang berkinerja tinggi.

“iQOO merupakan sub-brand vivo. Kami mendedikasikan brand kami untuk menghadirkan performa yang tinggi dan pengalaman esports yang maksimal,” kata Roshinna Erawaty (iQOO Brand & Marketing) tatkala memberikan sambutan saat peluncuran iQOO 12 di tanah air sembari mengingatkan iQOO sudah setahun di Indonesia. “Kami akan terus berinovasi untuk mencukupi kebutuhan peng, pengguna kami akan smartphone dengan performa tinggi. Kami terinspirasi oleh para pengguna kami untuk terus melakukan pencarian tanpa henti dalam memberikan produk yang mutakhir, yang memang mampu memenuhi kebutuhan mulai dari produktivitas mobile yang sangat tinggi atau gaming layaknya pro player,” lanjutnya.

“Tepat di bulan yang sama di tahun yang lalu, iQOO telah meluncurkan produk pertamanya di Indonesia, yaitu adalah iQOO 11. iQOO 11 menjadi pionir performa flagship yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 pertama di Indonesia. Dan salah satu variannya, yaitu adalah iQOO 11 Legend memiliki desain yang benar-benar sangat memukau, terinspirasi dari garis BMW M Motorsport, menjadi tampak premium. Sesuai dengan filosofi brand iQOO, yaitu iQOO i quest on and on, inilah quest selanjutnya: iQOO 12. Premium dan powerful performance menjadi core DNA dari product iQOO flagship,” ujar Praditya A. Putra (iQOO Head of Product) sembari menegaskan bahwa iQOO 12 juga adalah yang pertama dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 di tanah air.

SoC, Memori, dan Supercomputing Chip Q1

Menemani cip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, iQOO memasangkan memori utama sebanyak 16 GB dan media simpan internal sejumlah 512 GB pada smartphone 5G ini. Kapasitas memori utama LPDDR5X yang besar tersebut pun masih bisa “ditambah” dengan Extended RAM sampai 16 GB. Begitu pula dengan media simpan internal yang tidak hanya besar melainkan juga sewajarnya gegas karena merupakan UFS 4.0. Sistem pendingin yang dipakai pun memanfaatkan vapor chamber berukuran besar. iQOO 12 menggunakan vapor chamber dengan luas 6.010 mm2. Ukuran vapor chamber yang lebih luas bisa membantu membuang panas dengan lebih baik.

iQOO mengeklaim iQOO 12 mampu memberikan skor AnTuTu sekitar 2,2 juta. Namun, skor AnTuTu yang dimaksud menggunakan AnTuTu v10 sehingga tidak bisa dibandingkan secara langsung dengan yang AnTuTu v9. Dengan kata lain tidak bisa dibandingkan secara langsung dengan skor iQOO 11 yang kala peluncurannya dulu diklaim sekitar 1,3 juta karena memakai AnTuTu v9; lebih cepat, tetapi tidak sebesar itu. Seperti telah disebutkan, iQOO 11, memakai SoC Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2. Selain itu, iQOO 11 yang dimaksud menggunakan memori utama sebanyak 16 GB dan media simpan internal sejumlah 256 GB plus memanfaatkan vapor chamber dengan luas 4.013 mm2. Adapun detail mengenai Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 bisa dilihat di sini.

iQOO 12 tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Legend dan Alpha. Terlihat sisi belakang iQOO 12 Legend (kiri) dan tampak depan iQOO 12 Alpha.

Selain Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, iQOO juga melengkapi iQOO 12 dengan cip yang disebutnya dengan Supercomputing Chip Q1. Supercomputing Chip Q1 dijelaskan iQOO sebagai cip yang ditujukan untuk tugas-tugas khusus. iQOO mengatakan bahwa dengan Supercomputing Chip Q1, iQOO 12 bisa menawarkan fitur yang disebut “Game Super Resolution” dan “Game Super Frame Rate”. Kedua fitur ini bisa membuat pengalaman bermain gim pada iQOO 12 lebih baik lagi. Game Super Resolution diklaim iQOO bisa secara adaptif memperjelas gambar dari gim yang ditampilkan; meningkatkan kualitas gambar yang ditampilkan saat bermain gim. Sementara, Game Super Frame Rate diklaim membolehkan sejumlah gim ditampilkan dengan frame rate sampai sebesar 144 fps. Game Super Frame Rate memanfaatkan frame interpolation.

Layar, Baterai, dan Kamera

Hadir dengan layar berukuran diagonal 6,78 inci, iQOO 12 menggunakan panel LTPO AMOLED. Memiliki resolusi 2.800 x 1.260 piksel, layar ini diklaim mendukung refresh rate 144 Hz dan tingkat kecerahan sampai 3.000 cd/m2 plus color gamut DCI-P3. Merupakan layar sentuh, iQOO menegaskan bahwa layar smartphone ini juga didukung oleh teknologi “Wet Touch” yang dapat meningkatkan akurasi pendeteksian sentuh saat tangan/jari dalam keaadaan basah seperti berkeringat. Begitu pun fitur “Super Touch Control” yang misalnya dapat menekan latensi sentuh menjadi sebesar 35,42 ms saja.

Tentunya dibutuhkan pula baterai yang mumpuni untuk menenagai smartphone agar smartphone tersebut bisa memberikan kinerja tingginya dalam waktu yang memadai. iQOO 12 datang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Meski bukan yang terbesar, kapasitas 5.000 mAh cukup besar dan merupakan pilihan berbagai smartphone masa kini. Adapun untuk pengisian ulang energi baterainya, iQOO 12 mendukung pengisian cepat “120W FlashCharge”. iQOO mengeklaim baterai yang dimaksud dapat diisi sampai 100% dalam waktu 27 menit. iQOO juga mengatakan bahwa baterai litium dengan anoda grafit yang dipakai iQOO 12 memiliki densitas energi yang lebih tinggi sebesar 9% dibandingkan sebelumnya.

Sementara, untuk kamera, iQOO 12 dilengkapi dengan tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Ketiga kamera belakang iQOO 12 adalah kamera utama 50 MP, kamera ultralebar 50 MP, dan kamera telefoto 64 MP. Secara default gambar yang ditangkap oleh ketiga kamera belakang ini akan disimpan dengan resolusi 12,5 MP, 12,5 MP, dan 16 MP seperti yang lazim pada smartphone masa kini. Dilengkapi OIS, terdapat mode astrophotography pada kamera utama iQOO 12 yang diklaim bisa mengambil foto objek astronomi dengan baik. Sementara, kamera telefoto iQOO 12 merupakan kamera periskop dengan zoom optik 3x dan zoom digital sampai 100x, serta kamera ultralebar iQOO 12 memiliki sudut pandang 119°. Adapun kamera depan iQOO 12 mempunyai resolusi 16 MP.

Menggunakan sistem operasi Android 14 yang dibungkus dalam Funtouch OS 14, iQOO 12 hadir dengan desain yang merupakan hasil kerja sama dengan BMW M Motorsport. Smartphone dengan sasis aluminium dan sisi belakang kaca ini tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Legend (putih) dan Alpha (hitam). Khusus yang Legend, sisi belakang iQOO 12 turut dilengkapi dengan logo BMW M Motorsport. Sudah tersedia, seperti di Tokopedia dan Shopee, iQOO 12 ditawarkan dengan harga Rp10.999.000.