Find Us On Social Media :

IBM Gelontorkan US$2,3 M Demi Akuisisi Dua Platform Milik Software AG

By Rafki Fachrizal, Selasa, 19 Desember 2023 | 13:45 WIB

Ilustrasi IBM

Perusahaan teknologi IBM mengumumkan telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi dua platform milik Software AG, yaitu StreamSets dan WebMethods, senilai €2,13 miliar (sekitar US$2,3 miliar).

Akuisisi dua platform itu nantinya akan membantu IBM dalam mengintegrasikan aplikasi dan data serta membantu meningkatkan penawaran perusahaan terkait hybrid cloud dan AI (artificial intelligence) ke para kliennya.

Perlu diketahui, Software AG merupakan perusahaan teknologi asal Jerman yang telah diakuisisi oleh Silver Lake beberapa waktu lalu.

Pada awal akuisisi, Silver Lake mendapatkan 63% kepemilikan saham mayoritas Software AG senilai $2,4 miliar hingga kemudian meningkatkan kepemilikannya menjadi lebih dari 85% pada bulan September lalu.

Kabar terbaru, Silver Lake kini telah membeli 93% saham Software AG, dan berencana untuk segera menghapus perusahaan tersebut dari pasar publik.

Dinesh Nirmal, Senior Vice President, Products, IBM Software, mengatakan “Seiring dengan perusahaan yang terus mempercepat transformasi digital mereka, solusi integrasi aplikasi dan data merupakan elemen penting untuk modernisasi aplikasi dan penerapan AI secara efektif di seluruh perusahaan.”

“Dikombinasikan dengan AI watsonx dan platform data IBM, serta modernisasi aplikasi, struktur data, dan produk otomasi TI, StreamSets dan webMethods akan membantu klien kami membuka potensi penuh dari aplikasi dan data mereka. Hal ini membantu mendorong inovasi sekaligus mempersiapkan bisnis untuk menghadapi AI, di mana pun aplikasi atau data berada,” sambungnya.

Dikutip dari Financial Times, kesepakatan akuisisi ini diharapkan selesai pada kuartal kedua tahun 2024.

Setelah proses akuisisi selesai, Software AG akan terdiri dari beberapa bisnis, termasuk divisi database yang memiliki margin keuntungan sekitar 70 persen.

Tahun lalu, Software AG menghasilkan penjualan sebesar €958,2 juta dan laba operasional sebesar €178,5 juta.

Baca Juga: Red Hat Hadirkan Layanan Otomatisasi Ansible dengan AI Generatif

Baca Juga: IBM Ungkap Lima Tren Teknologi 2024, AI Jadi Kebutuhan Utama