Find Us On Social Media :

Gandeng EDGE DC, Kaopu Cloud Hadirkan Layanan Edge Cloud di Indonesia

By Liana Threestayanti, Kamis, 21 Desember 2023 | 16:30 WIB

Penyedia layanan edge cloud global, Kaopu Cloud siap melayani pasar Indonesia dengan menggandeng EDGE DC sebagai salah satu mitra data center utamanya di tanah air.

Sebagai bagian dari kolaborasi strategis ini, Kaopu Cloud akan memasang PoP (Point-of-Presence) dari jaringan intinya di EDGE DC untuk mendukung permintaan pelanggan yang terus meningkat di pasar Indonesia. 

Sementara EDGE DC dan perusahaan induknya, Indonet, akan mendukung kebutuhan colocation dan jaringan Kaopu Cloud melalui layanan infrastruktur digital, termasuk EPIX ("Edge Peering Internet Exchange").

Kolaborasi, disebut Kaopu Cloud, akan menghadirkan layanan edge cloud yang andal, aman, dan memiliki skalabilitas, serta menjadi lebih dekat dengan para pengguna di Indonesia, dengan ekosistem yang sangat terkoneksi dan konektivitas berkecepatan tinggi.

Kaopu Cloud mulai melirik pasar Indonesia pada awal tahun ini karena melihat peluang untuk menghadirkan layanan cloud terdepan di negara dengan jumlah penduduk keempat terbesar di dunia.

Kaopu Cloud menyediakan layanan cloud dengan latensi rendah dan skalablitas tinggi yang memungkinkan para pelanggannya menjangkau pengguna di seluruh dunia. Layanan tersebut dihadirkan melalui strategi menggandeng mitra lokal yang tepat, yang dapat membantu dengan sumber daya data center dan konektivitas guna menjangkau sebagian besar pengguna secara cepat dan efisien.

EDGE DC bersama Indonet menyediakan pengetahuan dan sumber daya infrastruktur digital lokal untuk membantu menghubungkan Kaopu Cloud ke IX (Internet Exchange) lokal dan mitra jaringan lainnya di Indonesia. Selain itu, EDGE DC melayani Kaopu Cloud melalui EPIX, sebuah internet exchange yang carrier-neutral dan diklaim paling mutakhir, yang menawarkan konektivitas berkecepatan tinggi kepada para penggunanya.

Sejak dioperasikan pada tahun 2023, EPIX telah memiliki lebih dari 35 mitra peering, termasuk penyedia konten global dan berbagai Internet Service Providers (ISPs). EPIX dapat memberikan manfaat bagi para anggotanya termasuk Kaopu Cloud dengan mendukung pertukaran trafik IP dengan latensi rendah yang lancar dan hemat biaya.

Menurut CEO Kaopu Cloud, Max Liu, selalu ada tantangan dalam memasuki pasar baru, dan memiliki mitra lokal yang tepercaya akan membantu bisnis Kaopu Cloud berkembang dengan cepat dan melayani pengguna dengan lebih baik. 

“Kami percaya bahwa ada peluang pertumbuhan yang sangat besar di Indonesia dan kami menghargai dukungan kuat yang diberikan oleh mereka selama ini. Kemitraan ini akan membantu memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dari teknologi cloud terdepan kami kepada para pelaku bisnis dan konsumen di Indonesia," ujar Max Liu.

"Data center kami yang carrier-neutral didedikasikan untuk menyediakan infrastruktur digital berskalabilitas tinggi dengan konektivitas latensi rendah bagi para pelanggan. Kami percaya bahwa layanan interkoneksi khusus, seperti layanan cross-connects, private network connections and peering akan memungkinkan para pelanggan untuk membangun arsitektur jaringan yang fleksibel dan dapat terus ditingkatkan,” jelas CEO EDGE DC, Stephanus Oscar.

Baca juga: Alibaba Cloud Tawarkan Banyak LLM Open-Source dengan Fitur Multimodal

Baca juga: Lintasarta Pakai Teknologi AI Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan