Find Us On Social Media :

Bill Gates Ungkap Prediksi Inovasi AI Tahun Depan, Gantikan Manusia?

By Adam Rizal, Jumat, 22 Desember 2023 | 11:30 WIB

Artificial Intelligence (AI)

Bill Gates mengungkapkan prediksinya tentang kiprah teknologi artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pada tahun depan. Gates melihat inovasi AI, penanganan kekurangan gizi pada bayi, kemajuan dalam mengatasi perubahan iklim, dan pengaruh pada pemilu global akan semakin masif pada tahun depan.

Berikut prediksi Gates tentang peran AI di sektor pendidikan, kesehatan dan tempat kerja seperti dilansir The Sattle Times:

Gates memproyeksikan kemajuan AI dalam kesehatan global dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, membantu dalam memerangi penyakit kebal antibiotik, mendukung penutur bahasa non-Inggris mengatasi kehamilan berisiko tinggi, dan membuat informasi medis lebih mudah diakses. 

"AI akan mempercepat laju penemuan baru dengan kecepatan yang belum pernah kita lihat sebelumnya," tulis Gates.

Pada bidang pendidikan, Gates memperkirakan bahwa AI akan mengubah cara belajar dalam waktu 18-24 bulan di negara berpenghasilan tinggi dan tiga tahun di tempat lain. Dia melihat AI dapat menyesuaikan konten dengan gaya belajar siswa dan mencatat kemajuan alat pendidikan AI seperti Khanmigo dan MATHia.

Gates juga membahas peran AI di tempat kerja, mengungkap bahwa 2023 adalah tahun pertama di mana ia secara serius menggunakan AI di tempat kerja. Dia melihat perkembangan pemahaman yang lebih baik tentang pekerjaan yang dapat dilakukan oleh AI dan peran AI sebagai kopilot di dunia kerja. Beberapa perusahaan telah mengembangkan alat AI internal untuk meningkatkan produktivitas karyawan, sementara yang lain mendorong penggunaan teknologi yang tersedia secara publik.

Gates menilai inovasi teknologi AI saat ini belum cukup canggih untuk menggantikan peran manusia di lapangan pekerjaan. Namun, ia menilai manusia harus berbenah dan meningkatkan kemampuan dan skil nya untuk bersaing.

"Jangan salahkan AI!. Kita tidak bisa menolak perkembangan teknologi. Kita harus beradaptasi," ujarnya.

Baca Juga: OpenAI Buat Kerangka Kerja Keselamatan Pengembangan Model AI

 Baca Juga: Alibaba Cloud Tawarkan Banyak LLM Open-Source dengan Fitur Multimodal