Find Us On Social Media :

Bos OpenAI ChatGPT Gandeng Mantan Desainer iPhone Buat Perangkat AI

By Adam Rizal, Sabtu, 30 Desember 2023 | 11:30 WIB

Desainer Legendaris iPhone dan iPad Jony Ive Hengkang dari Apple

CEO OpenAI ChatGPT Sam Altman merekrut Jony Ive (Mantan Desainer Apple) untuk menggarap proyek artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yaitu menciptakan sebuah perangkat AI. Ive dan timnya, termasuk mantan eksekutif Apple Tang Tan mengembangkan perangkat AI yang masih dalam tahap pengembangan awal. 

Sebelumnya Tan menjabat VP Desain Produk iPhone dan jam tangan di Apple, akan memimpin rekayasa perangkat keras dalam proyek tersebut. Meskipun Ive meninggalkan Apple pada 2019, proyek itu menandai langkah ambisiusnya dengan fokus awal pada perekrutan talenta dan pembuatan konsep.

Dilaporkan bahwa Tang Tan, yang baru-baru ini diangkat sebagai kepala desainer Apple, mengundurkan diri. Tan dikabarkan bergabung dengan LoveFrom, perusahaan desain milik Ive, untuk terlibat dalam proyek AI bersama Altman. Pengunduran diri Tan dari posisi yang bertanggung jawab atas desain produk utama Apple, termasuk iPhone, menimbulkan kejutan. Meskipun alasan pengunduran dirinya belum jelas, potensi ketertarikan pada proyek AI yang dipimpin Ive dan Altman menjadi spekulasi.

Kondisi di dalam Apple juga menciptakan ketidakpastian, terutama setelah seluruh tim desain Jony Ive meninggalkan perusahaan pada 2019. Meskipun alasan pengunduran diri Tan belum terungkap, spekulasi mencuat tentang kemungkinan ketertarikannya pada proyek AI yang menarik perhatian dibandingkan dengan peran sebelumnya di Apple. Meski masih misteri, proyek tersebut terdengar lebih dari sekadar produk biasa, namun belum diketahui siapa yang akan menggantikan Tan sebagai desainer utama baru di Apple. 

Jony Ive adalah desainer ikonik dengan karyanya di era kepemimpinan co-founder Apple, Steve Jobs, seperti iMac, iPhone, dan iPad.  Harapannya adalah dapat mengubah perangkat AI bekerja menjadi perusahaan baru, tetapi pengembangan produk masih dalam tahap awal, menurut orang-orang ini seperti dikutip Gizmochina.

Jony Ive adalah kepala desainer di Apple dari tahun 1996 hingga 2019. Ive meninggalkan Apple pada tahun 2019 untuk memulai perusahaannya sendiri, dan dengan demikian dimulailah “periode ketidakstabilan Apple”. LoveFrom adalah firma desain yang didirikan oleh Jony Ive, desainer legendaris Apple yang telah sebutkan di atas. 

Baca Juga: Boros! Total Konsumsi Listrik Chip AI NVIDIA H100 Setara Satu Negara

Baca Juga: LG Kenalkan Robot AI Smart Home, Bisa Pantau Anak dan Ukur Suhu