Find Us On Social Media :

Samsung Fokus Kembangkan Teknologi AI Generatif Tahun Ini

By Adam Rizal, Kamis, 4 Januari 2024 | 09:00 WIB

Samsung Gauss

Samsung berkomitmen meningkatkan fokus pengembangan produk teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan berbasis generatif pada tahun ini. co-CEO Samsung Han Jong-hee dan co-CEO Kyung Kye-hyun mengumumkan fokus strategis Samsung tahun ini yang menekankan pada supremasi teknologi, adaptasi terhadap perubahan, dan "mengutamakan pelanggan" di divisi seluler, peralatan rumah tangga, dan perangkat lunak. 

Dalam langkah yang menarik, Samsung juga mengadvokasi penerapan teknologi AI generatif dalam proses kerja untuk merevolusi cara bekerja dan pengalaman menggunakan perangkat. 

“Kami harus merevolusi cara kita bekerja dan pengalaman menggunakan perangkat dengan menerapkan AI generatif dalam pekerjaan,” demikian isi pesan tersebut. Beralih dari respons pasif ramah lingkungan di masa lalu, kita harus melakukan perubahan mendasar dalam pemikiran dan menemukan produk ramah lingkungan di masa depan," katanya

Samsung juga mendorong bisnis pembuatan chip untuk meningkatkan posisinya di pasar dengan peningkatan teknologi dan respons proaktif terhadap perubahan lanskap teknologi seperti dikutip Yonhap.

Dalam langkah yang menarik, Samsung juga mengadvokasi penerapan teknologi AI generatif dalam proses kerja untuk merevolusi cara bekerja dan pengalaman menggunakan perangkat. Meskipun Samsung Electronics mengalami penurunan penjualan dan laba operasional dalam tiga kuartal terakhir tahun 2023, Samsung tetap menjadi pemain utama dalam industri chip memori dan ponsel pintar, dengan laporan pendapatan kuartal keempat yang diantisipasi pada akhir bulan ini.

Samsung Electronics membukukan penjualan kumulatif sebesar 191,2 triliun won (Rp2.262,03 triliun) selama tiga kuartal tahun 2023. Jumlah ini mengalami penurunan sebesar 17,5 persen dari tahun lalu.

Sementara, laba operasionalnya anjlok 90,4 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 3,74 triliun won (Rp44,24 triliun) selama periode tersebut karena berkurangnya permintaan semikonduktor. Divisi chipnya melaporkan kerugian finansial pertamanya dalam 14 tahun pada kuartal pertama.

Baca Juga: Samsung Buka Pemesanan Galaxy S24 Series Mulai 18 Januari di Indonesia

 Baca Juga: Jelang Peluncuran, Ini Bocoran Fitur AI Samsung Galaxy S24 Series