Find Us On Social Media :

Microsoft Tambahkan Tombol Khusus di Keyboard untuk Panggil AI

By Liana Threestayanti, Kamis, 4 Januari 2024 | 18:30 WIB

Microsoft akan menghadirkan tombol khusus pada keyboard untuk memanggil chatbot/agen artificial intelligence (AI).

Microsoft akan menghadirkan tombol khusus pada keyboard untuk memanggil chatbot/agen artificial intelligence (AI). 

Oleh karena itu, mulai bulan ini, beberapa komputer personal (PC) yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows diperkirakan akan mulai mengusung tombol khusus “Copilot,” untuk meluncurkan chatbot AI Microsoft. 

Langkah ini memperlihatkan bagaimana Microsoft memanfaatkan pengaruhnya di industri komputer untuk mengubah wajah keyboard di masa depan. Selain itu, mendorong para produsen komputer pihak ketiga untuk menambahkan tombol AI pada komputer PC akan menjadi langkah terbaru Microsoft dalam memanfaatkan kemitraannya dengan pengembang ChatGPT, OpenAI. 

Desain ulang keyboard ini akan menjadi perubahan terbesar kedua dari Microsoft terhadap keyboard PC. Sebelumnya, raksasa teknologi ini pun pernah melakukan perubahan yang signifikan dengan menambahkan tombol khusus Windows pada tahun 1990. Selama hampir tiga dekade, tombol khusus Windows hadir di papan ketik/keyboard untuk PC (khususnya yang berorientasi pada sistem operasi Windows). 

Dikutip dari Associated Press, tombol AI ini nantinya akan ditandai dengan logo Copilot yang mirip pita dan diletakkan di dekat tombol space bar. Di beberapa komputer, tombol ini akan menggantikan tombol “CTRL,” dan pada komputer lainnya akan menempati posisi tombol Menu.

Microsoft belum menyebutkan secara spesifik, vendor/produsen komputer yang akan memasang tombol Copilot, di luar jajaran perangkat premium Surface milik Microsoft. Namun perubahan ini mungkin akan terlihat di ajang tahunan CES saat para produsen komputer memamerkan produk-produk terbarunya. Sebagai informasi, CES 2024 akan digelar tanggal 10-12 Januari 2024 di Las Vegas, AS. 

Baca juga: Microsoft Resmi Luncurkan Aplikasi Chatbot AI Copilot di iOS

Baca juga: Pemenang Nobel Soroti Ancaman AI Pada Mahasiswa di Bidang STEM