Find Us On Social Media :

AMD Bakal Pamerkan Inovasi AI untuk Industri Otomotif Di CES 2024

By Liana Threestayanti, Jumat, 5 Januari 2024 | 13:59 WIB

Di ajang CES 2024, AMD menghadirkan dua produk baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna otomotif, memanfaatkan teknologi AI.

Di ajang CES 2024, AMD akan menghadirkan dua produk baru yang khusus dirancang untuk meningkatkan pengalaman para pengguna otomotif dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI). Dua produk itu adalah SoC adaptif Versal™ AI Edge XA dan prosesor Ryzen™ Embedded V2000A Series. 

Tingkatkan AI Engine

System-on-Chip (SoC) adaptif Versal AI Edge XA menambahkan AI Engine canggih sehingga perangkat-perangkat dapat dioptimalkan lebih lanjut untuk berbagai sistem dan aplikasi otomotif canggih generasi mendatang, termasuk kamera depan, pemantauan dalam kabin (in-cabin monitoring), LiDAR, radar 4D, tampilan sekeliling, parkir otomatis, dan mengemudi otonom. Versal AI Edge XA juga merupakan perangkat AMD 7nm pertama yang memenuhi syarat otomatis, dengan IP yang telah diperkuat  dan keamanan tambahan untuk aplikasi otomotif yang mengutamakan keselamatan.

Menurut keterangan AMD, SoC adaptif Versal AI Edge XA membekal AI Engine yang dapat dimanfaatkan untuk komputasi AI, vision, dan pemrosesan sinyal. Chip ini juga dapat melakukan inferensi AI terhadap data dalam jumlah besar dan digunakan pada sensor-sensor di edge, seperti LiDARs, radar, dan kamera, atau di dalm domain controller terpusat. 

AI Engine pada SoC baru ini mampu menangani model-model AI, misalnya untuk klasifikasi dan pelacakan fitur (feature tracking). Portofolio perangkat ini berkisar antara 20k LUTs hingga 521k LUTs, dan dari 5 TOPs sampai 171 TOPs. 

AMD menyatakan, perangkat pertama berdasarkan rentang tersebut akan dirilis awal tahun ini, dengan rilis lebih lanjut direncanakan pada akhir tahun 2024.

Tingkatkan Pengalaman Berkendara

Prosesor Ryzen Embedded V2000A Series dihadirkan AMD untuk memenuhi harapan para konsumen yang terus meningkat terutama dalam hal pengalaman saat berkendara (in-vehicle experience/IVX), dan pengalaman hiburan, konektivitas, bekerja di kendaraan, serta keselamatan. 

Oleh karena itu, prosesor ini dirancang untuk mendukung kinerja kokpit digital otomotif generasi baru, mulai dari konsol infotainment hingga klaster digital dan  tampilan (display) penumpang. AMD memperluas jajaran Ryzen Embedded V2000A Series dengan menghadirkan keluarga prosesor x86 pertama memenuhi kualifikasi industri otomotif. Prosesor ini disebut AMD menawarkan pengalaman seperti menggunakan PC untuk menikmati hiburan rumah saat mereka bepergian dengan berkendaraaan.

Dibangun dengan teknologi proses 7nm, core Zen 2, dan teknologi grafis kinerja tinggi Radeon Vega 7, prosesor AMD Ryzen Embedded V2000A Series dijanjikan akan menghadirkan tampilan grafis high definition, dengan fitur keamanan yang telah ditingkatkan dan kemampuan aktivasi software otomotif melalui hypervisor, serta dukungan Linux untuk otomotif  dan Android Automative.

Mengomentari peluncuran ini, Salil Raje, Senior Vice President & General Manager, Adaptive and Embedded Computing Group, AMD mengatakan bahwa dengan portofolio otomotif AMD yang berkembang dan sangat bervariasi, AMD dapat melayani pasar dengan pertumbuhan tinggi dan memperlihatkan sinergi yang luar biasa dari tim otomotif gabungan, sejak akuisisi Xilinx hampir dua tahun lalu.

Di arena CES 2024, AMD dan para mitra ekosistemnya akan memamerkan beragam solusi otomotif, seperti pengalaman dalam kendaraan (in-vehicle experience), deteksi obyek dengan multi-sensor secara real-time yang dioptimalkan dengan AI, parkir otomatis, display expansion, LiDAR, 3D surround vide, pemantauan pengemudi (driver monitoring), dan lain-lain. Mitra ekosistem otomotif yang akan berpartisipasi mencakup BlackBerry, Cognata, ECARX, Hesai, Luxoft, QNX, QT, Robosense, SEYOND, Tanway, Visteon, dan XYLON.

Baca juga: Tantang NVIDIA H100, AMD Luncurkan Chip AI Instinct MI300 Series

Baca juga: Bos Lintasarta: Perkembangan Teknologi AI Capai Tingkat Eksponensial