Find Us On Social Media :

Didorong Chip AI, Proyeksi Pasar Chip Diprediksi Capai Rp9 Kuadriliun

By Adam Rizal, Minggu, 7 Januari 2024 | 11:29 WIB

Chip AI Nvidia H100

 Pertumbuhan pasar semikonduktor global diperkirakan mencapai 13,1 persen pada tahun 2024, mencetak rekor tertinggi sekitar 588,36 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp9 kuadriliun.

World Semiconductor Trade Statistics, organisasi industri yang terdiri dari produsen chip utama, merevisi proyeksi pertumbuhan tersebut dari perkiraan sebelumnya pada bulan Juni sebesar 11,8 persen. Prospek optimis pasar chip  didorong oleh meluasnya penggunaan AI generatif setelah peluncuran ChatGPT, chatbot AI yang dikembangkan oleh OpenAI berbasis AS, serta peningkatan penjualan komputer PC dan ponsel pintar.

Jika proyeksi ini terwujud, ukuran pasar chip akan melampaui rekor sebelumnya sebesar 574,08 miliar dolar AS pada 2022. Meskipun pasar diperkirakan mengalami penurunan sebesar 9,4 persen menjadi 520,13 miliar dolar AS pada 2023 karena permintaan yang lebih lemah untuk chip memori, proyeksi pertumbuhan yang lebih tinggi pada 2024 diakibatkan meningkatnya permintaan untuk chip kecerdasan buatan dan peningkatan penjualan komputer PC dan ponsel pintar.

Intel Corp., perusahaan chip AS, menyatakan kemungkinan pertumbuhan pendapatan pertamanya dalam dua tahun pada periode Oktober-Desember. Prediksi kinerja yang lebih baik juga datang dari Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. dan Samsung Electronics Co.

Dari jenis produk, diperkirakan chip memori akan memimpin pertumbuhan pasar pada tahun 2024 dengan peningkatan tagihan sebesar 44,8 persen. Pasar chip logika dan sensor gambar juga diantisipasi untuk mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 9,6 persen dan 1,7 persen.

Dari segi wilayah, AS akan mengalami pertumbuhan terbesar dengan proyeksi peningkatan sebesar 22,3 persen pada tahun 2024. Sementara itu, pasar Asia-Pasifik diprediksi tumbuh sebesar 12 persen, dan pertumbuhan di pasar Jepang diperkirakan sekitar 4,4 persen, seiring pemulihan permintaan yang lebih lambat untuk chip memori di negara tersebut.

Baca Juga: Tips Produktif Bos OpenAI ChatGPT, Puasa dan Hindari Rapat Lama-lama

 Baca Juga: Sudah Banyak Korban, Ini Tips Pekerjaan Anda Tidak Diambil Alih AI