Find Us On Social Media :

Apa saja Inovasi Teknologi CES 2024? ChatGPT hingga Robot Pintar

By Adam Rizal, Rabu, 10 Januari 2024 | 09:00 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Pameran teknologi Consumer Electronic Show (CES) 2024 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) mulai tanggal 9 - 12 Januari menampilkan berbagai macam produk teknologi terkini, terutama kemampuan teknologi Chatbot AI ChatGPT yang dipakai oleh banyak perusahaan. CES sendiri adalah salah satu gelaran akbar untuk dunia teknologi menampilkan produsen, pengembang, hingga penyuplai di dunia teknologi.

Pabrikan otomotif ternama dunia Volkswagen (VW) mengintegrasikan teknologi ChatGPT ke semua model Volkswagen yang dilengkapi dengan asisten suara IDA. Kemudian ada juga perusahaan Pivotal yang menjual pesawat Helix elektrik ringannya di AS. Kia memperkenalkan pembaruan modular untuk mobil van listriknya. 

Tak mau kalah, Samsung memperkenalkan Ballie, sebuah robot rumah yang berukuran sekitar sebesar bola bowling dan mempunyai baterai yang mampu bertahan selama dua hingga tiga jam. Ballie memiliki sensor lidar spasial untuk membantunya menavigasi ruangan dan rintangan, serta proyektor 1080p dengan dua lensa yang memungkinkan robot memproyeksikan film dan panggilan video, bahkan berfungsi sebagai monitor PC kedua.

Samsung juga memperkenalkan produk teknologi layar lipat yang dapat dilipat ke dua arah, yakni ke dalam dan ke belakang sehingga memberikan alternatif baru bagi konsumen yang lebih menyukai smartphone berbentuk bar karena ketebalan produk yang dapat dilipat.

"Ketika dilipat ke arah luar, bagian depan dan belakang produk dapat digunakan sebagai layar, sehingga menciptakan pengalaman pengguna yang baru," ujarnya seperti dikutip Tech Crunch.

LG pun memamerkan TV OLED transparan nirkabel pertama di dunia. LG Signature OLED T menggabungkan layar OLED 4K transparan dengan teknologi transmisi video dan audio nirkabel LG. CES juga menampilkan teknologi terkini untuk dunia komputasi gaming, salah satunya dari Nvidia yang mulai merambah dunia kecerdasan buatan secara besar-besaran dengan meluncurkan GeForce RTX, termasuk seri kartu grafis desktop GeForce RTX 40 Super.

Baca Juga: Acer Luncurkan Laptop Aspire dan Swift Terbaru dengan Fitur AI

 Baca Juga: Riset Buktikan ChatGPT Mampu Memberikan Diagnosis Kesehatan Akurat