Find Us On Social Media :

CES 2024: Samsung Pamerkan Kemampuan Produknya yang Berteknologi AI

By Adam Rizal, Kamis, 11 Januari 2024 | 09:00 WIB

Samsung Gauss

Samsung Electronics Co menjadikan  pemanfaatan artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sebagai strategi kunci  mempertahankan dominasinya di pasar smartphone dan elektronik konsumen yang ketat. Dalam konferensi pers CES 2024 di Las Vegas, Samsung menyoroti peran AI dalam merombak pengalaman pengguna, membuat perangkat lebih intuitif dan nyaman.

"Teknologi AI akan membawa pengalaman yang lebih cerdas dan memperkenalkan portofolio perangkat canggih yang didukung oleh kolaborasi terbuka," kata CEO Samsung Electronics, Han Jong-hee.

Han, yang juga memimpin divisi DX (Device eXperience) di Samsung Electronics, menekankan peran AI dalam meningkatkan pengalaman terkoneksi dan meningkatkan kehidupan sehari-hari dengan cara yang sederhana dan tidak mengganggu. Fokus Samsung adalah pada AI di perangkat, memastikan bahwa perangkat digital disesuaikan berdasarkan input pengguna tanpa bergantung pada aplikasi AI pihak ketiga.

Perusahaan memamerkan produk AI, seperti TV Neo QLED 8K dengan prosesor AI NQ8 Gen 3, serta inovasi dalam peralatan rumah tangga, termasuk lemari es Bespoke 2024 yang menggunakan AI untuk memantau inventaris makanan. Samsung juga akan meluncurkan ponsel flagship Galaxy S24 dengan model AI generatif baru, Samsung Gauss, didukung oleh chipset Snapdragon 8 Gen 3. 

"Fokusnya pada AI di perangkat mencerminkan komitmen Samsung terhadap inovasi dalam kategori ponsel pintar, di mana persaingan berdasarkan fitur semakin ketat," katanya.

Konferensi pers CES juga menyoroti produk AI, seperti Neo QLED 8K dengan kemampuan pengoptimalan konten dan fitur suara yang disesuaikan. Selain itu, Samsung memperkenalkan proyektor The Premiere 8K, Music Frame sebagai speaker yang terintegrasi dengan TV, dan evolusi AI robot Ballie yang berinteraksi dengan perangkat pintar lainnya.

Dalam meningkatkan pengalaman dapur, Samsung meluncurkan Bespoke 4-Door Flex Refrigerator with AI Family Hub, yang menggunakan AI Vision Inside untuk mengenali bahan makanan dan memberikan rekomendasi resep. Peralatan di luar dapur, seperti Bespoke AI Laundry Combo, juga dilengkapi dengan AI untuk pengalaman cuci dan kering yang dipersonalisasi.

Dengan fokus yang kuat pada AI, Samsung berusaha menghadirkan teknologi yang tidak hanya canggih tetapi juga meningkatkan kehidupan sehari-hari dengan cara yang sederhana dan tidak mengganggu. 

Teknologi AI Samsung juga meluas ke peralatan di luar dapur. Bespoke AI Laundry Combo yang baru - mesin cuci dan pengering All-in-One - dilengkapi dengan AI Hub, yang merupakan layar LCD 7 inci yang berfungsi sebagai pusat kontrol intuitif untuk mengelola cucian, memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman mencuci dan mengeringkan yang sederhana. Fitur ini mempersonalisasi proses pencucian dan pengeringan dengan mengingat kebiasaan pengguna dan menggunakan pembelajaran mesin untuk menyarankan siklus.

Baca Juga: CES 2024: Lenovo Pamerkan Komputer PC dan Laptop Berbasis AI

 Baca Juga: Alasan Beli Oppo Find X7 Ultra, Punya Dua Kamera Periskop Canggih