Find Us On Social Media :

Awali 2024, OpenAI Umumkan Kehadiran ChatGPT Team dan GPT Store

By Liana Threestayanti, Kamis, 11 Januari 2024 | 18:01 WIB

Usai kericuhan di tampuk pimpinan, di awal 2024 OpenAI langsung menggebrak dengan meluncurkanGPT Store dan ChatGPT Team.

Usai kericuhan di tampuk pimpinan, di awal 2024 OpenAI langsung menggebrak dengan meluncurkan GPT Store dan ChatGPT Team. Keduanya disebut akan menjadi pendulang pendapatan baru bagi OpenAI

ChatGPT Team merupakan versi lebih ringan dari versi Enterprise dan ditawarkan kepada pelanggan bisnis dengan jumlah pengguna kurang dari 150 user. Layanan ini dibandrol pada harga US$25 per user per bulan jika dibayar setahun, atau US$30 per bulan untuk pembayaran bulanan.

Layanan ini juga mencakup shared workspace dan memungkinkan pelanggan mengembangkan model bahasa artificial intelligence (AI)/GPT sendiri.  

Sebelumnya, OpenAI meluncurkan ChatGPT Enterprise pada bulan Agustus lalu setelah melewati proses pengembangan yang tidak sampai satu tahun dan melalui tahap beta testing yang dilakukan oleh lebih dari 20 perusahaan, termasuk Canva.

Versi Enterprise ini menawarkan akses ke GPT-4 tanpa batasan penggunaan, kinerja yang diklaim dua kali lebih cepat daripada versi sebelumnya, dan kredit API. Namun OpenAI tidak merilis harga ChatGPT Enterprise ini karena penggunaannya akan tergantung use case dan ukuran. 

Layanan lain yang dirilis OpenAI kemarin adalah GPT Store, yang merupakan jawaban OpenAI akan kebutuhan App Store untuk GPT. Menurut OpenAI, seperti dikutip dari CNBC.com, komunitas pengembang telah membuat sekitar tiga juta GPT (versi custom dari ChatGPT).

“Apa yang sebenarnya dijual oleh OpenAI adalah kecerdasan – dan hal itu, serta agen cerdas, akan menjadi tren seiring berjalannya waktu,” kata CEO OpenAI, Sam Altman, kepada wartawan di acara tatap muka pertama OpenAI pada bulan November lalu, seperti dikutip dari CNBC.com.

GPT Store bisa ditemukan di tab baru dalam klien ChatGPT di web. Toko ini menghadirkan sejumlah model bahasa AI (GPT), baik yang dikembangkan oleh para mitra OpenAI maupun komunitas pengembang yang lebih luas. 

Pengguna dapat mencari GPT yang popular dan sedang tren melalui community leaderboard yang disusun berdasarkan kategori, seperti gaya hidup, menulis, riset, pemrograman, dan pendidikan.

Untuk bisa mengakses GPT Store, pengguna harus terlebih dulu berlangganan salah satu layanan premium ChatGPT, seperti ChatGPT Plus, ChatGPT Enterprise, atau yang baru diluncurkan ChatGPT Team.

Beberapa GPT yang sudah tersedia saat peluncuran adalah seperti trail recommender dari AllTrails, tutor coding dari Khan Academy, dan content designer dari Canva, yang saat ini masih tersedia gratis.

Pengembang yang ingin mendaftarkan model bahasa AI-nya di GPT Store harus melakukan verifikasi user profile dan menyerahkan GPT yang dikembangkannya ke sistem review OpenAI. Sistem baru ini melibatkan manusia dan mesin untuk meninjau model-model bahasa AI yang diterima OpenAI. Proses ini bertujuan memastikan GPT mematuhi persyaratan penggunaan dari OpenAI. Sebaliknya, pengembang juga dapat melaporkan GPT yang melanggar dan tidak sesuai persyaratan penggunaan. 

Baca juga: Tips Produktif Bos OpenAI ChatGPT, Puasa dan Hindari Rapat Lama-lama

Baca juga: Chatbot AI ChatGPT Dapat Gantikan Peran Google Assistant di HP Android