Find Us On Social Media :

Dibantu AI, Kini Fitur Pengenalan Wajah Bisa Cepat Diagnosis Kesehatan

By Adam Rizal, Sabtu, 13 Januari 2024 | 11:30 WIB

Facial Recognition System of smart phone. Biometrics concept.

Kini fitur pengenalan wajah atau facial recognition memiliki kemampuan untuk menginformasikan tentang kondisi kesehatan pengguna. Fitur itu memungkinkan pengguna melihat kadar oksigen dan detak jantung mereka melalui layar monitor. Selain itu, pengguna dapat memantau kondisi pernapasan, yang berguna terutama di daerah perkotaan dengan tingkat polusi udara tinggi

"Fitur ini mendapatkan informasi ini hanya dari rekaman wajah, tetapi hasilnya sangat akurat," kata NEC Fellow, Hitoshi Imaoka.

Fitur yang diperkenalkan di CES 2024, dapat mengukur detak jantung, kadar oksigen, dan kapasitas paru-paru dalam waktu 10 detik. Diharapkan teknologi ini akan meningkatkan kesadaran kesehatan di tengah kesibukan, terutama untuk populasi rentan seperti lansia. Meskipun belum ada informasi resmi mengenai peluncuran dan perangkat yang akan mendukungnya, fitur ini diharapkan menjadi solusi kesehatan yang mudah diakses.

"Fitur ini bisa mengukur tiga hal yakni detak jantung, kadar oksigen dalam darah hingga kapasitas paru-paru melalui wajah. Uniknya, sistem ini dapat mengukur data tersebut hanya dalam waktu 10 detik saja,” ujarnya

Fitur ini diperkenalkan pertama kali pada acara CES 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat sejak 9 Januari lalu. Dengan bantuan teknologi ini diharapkan ke depannya semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya mengetahui kondisi fisik atau Kesehatan di tengah padatnya aktivitas.

"Dengan jumlah populasi manusia yang semakin meningkat fitur ini juga bisa menjadi solusi terbaik terutama untuk kaum rentan seperti lansia," ucapnya.

Fitur ini dapat dipasang dalam berbagai perangkat seperti smartphone bahkan tablet, sehingga ini sangat cocok bagi seseorang yang tidak nyaman menggunakan smartwatch. Sayangnya, fitur itu belum diketahui jadwal peluncuran resminya dan itu termasuk di perangkat mana pertama kali bakal muncul. Jadi bagi konsumen yang penasaran untuk mencoba fitur terbaru ini diharapkan harus bersabar terlebih dahulu hingga pengumuman selanjutnya.

Baca Juga: Akhirnya Valve Restui Game Buatan AI Hadir di Steam, Ini Syaratnya

 Baca Juga: Begini Cara OpenAI ChatGPT Terhindar dari Pelanggaran Hak Cipta