Find Us On Social Media :

CES 2024: Qualcomm Pamerkan Teknologi AI untuk Mobil dan Motor

By Adam Rizal, Minggu, 14 Januari 2024 | 09:00 WIB

Qualcomm kenalkan teknologi AI

Pabrikan semikonduktor Qualcomm terjun ke industri otomotif dengan melibatkan penggunaan teknologi artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dalam acara CES 2024. Qualcomm memperkenalkan teknologi terbaru untuk roda empat dan roda dua dan melalui Snapdragon Digital Chassis Platform.

Dengan fokus pada inovasi, Qualcomm memamerkan enam teknologi terbaru, termasuk Snapdragon Cockpit Platform dan Digital Chassis Platform, yang dianggap membawa pengalaman berkendara baru dengan dukungan AI. 

Senior Vice President Qualcomm, Nakul Duggal mengatakan Qualcomm sangat berkomitmen untuk memajukan teknologi otomotif dan meningkatkan kualitas produk dengan bantuan teknologi AI. 

"Inovasi ini diharapkan dapat mengubah standar dalam industri otomotif, memprioritaskan kenyamanan dan keselamatan dalam pengalaman berkendara," ujarnya.

Nakul Duggal juga memastikan Qualcomm akan terus berkomitmen untuk selalu membawa inovasi teknologi baik untuk kendaraan roda empat, roda dua maupun jenis baru. Qualcomm Technologies telah menjadi mitra terpercaya bagi industri otomotif selama lebih dari dua dekade, menghadirkan inovasi dan platform teruji melalui Snapdragon Digital Chassis untuk mendefinisikan kembali mobil.

"Qualcomm akan bisa memberikan peningkatan secara signifikan terhadap kualitas yang dimiliki produk otomotif ke depannya," ucapnya.

Pada CES 2024, Qualcomm telah menampilkan 6 inovasi teknologi terbaru yakni Snapdragon Auto Connectivity Platform, Snapdragon Cockpit Platform, Snapdragon Ride Platform, SoC Snapdragon Ride Flex, Snapdragon Car-to-Cloud, dan Digital Chassis Platform. Dari semua terobosan tersebut ada dua yang paling menarik yakni Snapdragon Cockpit Platform dan Digital Chassis Platform sebab keduanya dinilai menghadirkan pengalaman baru dalam berkendara.

Snapdragon Cockpit Platform misalnya, mampu memberikan pengalaman premium kepada para penggunanya. Dengan teknologi ini pengendara maupun penumpang mampu mengakses segala fitur digital mulai dari memberi perintah suara, melakukan panggilan hingga menikmati film dan musik seperti halnya menggunakan perangkat mobile namun kini dengan bantuan AI.

Selain itu, teknologi lainnya yakni Digital Chassis Platform ternyata juga sudah didukung fitur AI demi memberikan kenyamanan serta keselamatan dalam hal berkendara. "Teknologi ini tidak hanya terbatas pada kendaraan roda empat tetapi juga kendaraan roda dua hingga jenis baru," ucapnya.

Baca Juga: Dibantu AI, Kini Fitur Pengenalan Wajah Bisa Cepat Diagnosis Kesehatan

 Baca Juga: Amazfit Luncurkan Cincin Pintar Helio Ring, Bisa Pantau Kesehatan