Find Us On Social Media :

GetPlus Kenalkan Retail Media Network Berbasis Artificial Intelligence

By Rafki Fachrizal, Selasa, 16 Januari 2024 | 14:55 WIB

Ilustrasi GetPlus.

GetPlus meluncurkan Retail Media Network berbasis teknologi AI (artificial intelligence) pertama di Indonesia. Solusi ini untuk mempermudah pengelolaan strategi loyalitas para mitra ritel GetPlus.

GetPlus sendiri merupakan perusahaan pengembang loyalty program yang mengeklaim hingga saat ini sudah memiliki lebih dari satu juga member.

Adrian Hoon, Co-Founder & COO / CMO GetPlus Indonesia menjelaskan “Kami menghadirkan Retail Media Network sebagai saluran baru bagi brand/advertiser dan ritel untuk memahami konsumennya. Ini memungkinkan brand menargetkan pesan yang sesuai kepada audiens yang tepat di lokasi yang strategis, dengan tujuan mencapai Return on Advertising Spend (ROAS) yang optimal.

“Mengingat keberadaan saluran ini baru, kami akan melakukan penelitian pasar dan menyesuaikan strategi berdasarkan pembelajaran tersebut," tambah Adrian.

GetPlus Retail Media Network ditempatkan di jaringan ritel. Nantinya para mitra ritel dapat mendapatkan first party data yang lebih akurat dari platform iklan berbasis AI yang dapat dipersonalisasikan secara real-time dan terukur.

Diungkapkan Adrian, Retail Media Network dikembangkan GetPlus dengan dibantu oleh teknologi dari AWL.Inc Jepang.

Teknologi AWL telah diterapkan secara luas oleh berbagai ritel modern di Jepang, termasuk AEON, Lawson, Family Mart. AWL telah menginstal lebih dari 15.000 kamera di lebih dari 3.000 lokasi di Jepang.

Muneharu Kitade, President Representative Director and CEO (Founder) AWL.Inc mengatakan bahwa terdapat dua teknologi kamera yang disiapkan untuk GetPlus Retail Media Network, yaitu Digital Signage di mana mampu mengenali wajah, usia, jenis kelamin serta durasi pelanggan melihat iklan video secara real-time.

Kemudian ada sistem multi kamera yang dapat menganalisis perilaku pelanggan secara nyata. Kombinasi dari dua teknologi kamera ini akan memberikan wawasan mendalam tentang demografi dan perilaku pelanggan yang terukur secara akurat.

Dalam lanskap ritel yang dinamis saat ini, pelaku industri membutuhkan solusi yang melebihi periklanan tradisional dan dapat diukur efektivitasnya.

Harapannya, keberadaan saluran ini tidak hanya sebagai solusi, melainkan juga berkontribusi pada pertumbuhan ekosistem industri ritel di Indonesia.

“GetPlus Retail Media Network diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi merek berupa engagement dari pelanggan yang memicu konversi dan penurunan preferensi terhadap merek tertentu, sedangkan keuntungan bagi ritel diharapkan menghasilkan lebih banyak pendapatan dan meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan, serta keuntungan bagi pelanggan sendiri adalah mendapatkan iklan yang telah dipersonalisasi sehingga lebih relevan,” papar Muneharu.

Untuk pertama kalinya, GetPlus Retail Media Network akan diterapkan di jaringan ritel PT Supra Boga Lestari Tbk, tepatnya di Ranch Market Grand Indonesia dan Farmers Market Summarecon Mall Kelapa Gading.

Baca Juga: BRIN, KORIKA, GDP Ventures & AISG Kolaborasi Buat LLM Bahasa Indonesia

Baca Juga: Dibantu AI, Kini Fitur Pengenalan Wajah Bisa Cepat Diagnosis Kesehatan