Find Us On Social Media :

Resmi Meluncur, Ini Spek Samsung Galaxy S24, S24 Plus, dan S24 Ultra

By Adam Rizal, Kamis, 18 Januari 2024 | 05:10 WIB

Samsung Galaxy S24 Ultra

Samsung resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya Samsung Galaxy S24, Galaxy S24 Plus dan Galaxy S24 Ultra  dalam ajang Galaxy Unpacked yang berlangsung di San Jose, California, AS pada Senin dini hari WIB (18/1/2024). Samsung Galaxy S24 Series menawarkan banyak peningkatan seperti fitur artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Tak heran, Samsung mengeklaim Samsung Galaxy S24 Series sebagai Galaxy AI.

TM Roh, President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics mengatakan Galaxy AI dirancang berlandaskan inovasi dari tahun ke tahun serta pemahaman mendalam akan bagaimana seseorang menggunakan smartphone. 

"Kami sangat menantikan bagaimana pengguna di seluruh dunia memberdayakan kehidupan sehari-harinya dengan Galaxy AI untuk membuka berbagai kemungkinan baru. Galaxy S24 Series mampu mengubah hubungan kita dengan dunia dan memulai era berikutnya dari inovasi perangkat mobile," katanya.

Samsung Galaxy S24 Ultra mengusung bodi  titanium dengan empat varian warna yaitu Titanium Black, Titanium Gray, Titanium Violet, dan Titanium Yellow. Selain itu tersedia beberapa warna spesial khusus pemesanan online di situs Samsung.

Samsung Galaxy S24 Ultra mengusung layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inch dengan resolusi QHD+, refresh rate dinamis 1-120Hz, tingkat kecerahan 2.600 nits dan dukungan Vision Booster. Layar ini dilindungi oleh Corning Gorilla Armor dengan tahan gores meningkat empat kali lipat dan mengurangi refleksi hingga 75%.

Samsung Galaxy S24 Ultra mengusung Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy dengan  fabrikasi 4 nm. Samsung memadukan chip tersebut dengan RAM 12 GB dengan memori internal hingga 1 TB. HP flagship itu memiliki empat kamera dengan kamera utamanya 200 MP yang mampu merekam video 8K.

Samsung menghadirkan lensa ultra-wide 12 MP, kamera telephoto periskop 50 MP yang punya kemampuan zoom optic 5x, dan kamera telephoto 10 MP dengan zoom optic 3x. Untuk bagian depan, terpasang kamera 12 MP.

Samsung Galaxy S24 itu memiliki baterai Li-Ion 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 45W, pengisian nirkabel 15W, dan pengisian balik nirkabel 4.5W. HP ini juga memiliki fitur seperti sensor sidik jari ultrasonik di bawah layar, NFC, Samsung DeX, S Pen dan IP68 untuk ketahanan air dan debu.

Galaxy S24 dan S24 Plus

Samsung Galaxy S24 Series

Samsung Galaxy S24 menawarkan layar 6,2 inch. sedangkan Galaxy S24 Plus punya layar bentangan 6,7 inch. Kedua HP itu memiliki layar dengan Dynamic LTPO AMOLED 2X, resolusi Full HD+, refresh rate dynamic 1-120Hz dan tingkat kecerahan 2.600 nits.

Galaxy S24 dan S24 Plus mengusung prosesor Exynos 2400. RAM di Galaxy S24 punya ukuran 8 GB, sementara Galaxy S24 Plus dibekali 12 GB. Kedua HP punya resolusi yang sama, baik di depan maupun belakang. Kamera belakang ada 3 unit yaitu 50 MP Wide, 12 MP Ultra Wide, dan 10 MP Telephoto dengan zoom optic 3x. Sedangkan kamera depan berkekuatan 12 MP.

Samsung Galaxy S23 mengusung baterai 4.000 mAh dan Galaxy S23 Plus lebih tinggi, yaitu 4.900 mAh. HP itu juga memiliki fitur seperti sensor sidik jari ultrasonik di bawah layar, NFC, Samsung DeX, dan IP68 untuk ketahanan air dan debu. Bodinya dibuat dari Armor Aluminum 2.0 dengan pilihan warna Onyx Black, Cobalt Violet, Marble Gray, dan Amber Yellow. 

Fitur AI

Samsung Galaxy S24 Series

Ada beberapa fitur AI Galaxy S24 series yang menarik meliputi AI Live Translate yang akan menterjemahkan kalimat lawan bicara yang menggunakan bahasa asing saat menelepon. Ada pula Generative Edit, yang memindahkan objek dalam foto ke posisi yang diinginkan.

Fitur Circle to Search memudahkan pencarian hanya dengan melingkari objek di layar. Ada pula Interpreter yang memudahkan berkomunikasi dua arah dengan orang asing tanpa perlu koneksi internet.

Hebatnya, Samsung menjanjikan Galaxy S24, S24 Plus dan S24 Ultra dengan tujuh kali update Android dan delapan tahun keamanan. Artinya ketiganya bakal terus mencicipi pembaharuan sampai Android 21 yang dirilis 2030.

Baca Juga: Sistem AI Sony Ini Bisa Mengubah Percakapan Dialog Jadi Karakter Game

Baca Juga: Alasan Model AI LLMs Cocok Buat Bisnis, Cepat dan Berkualitas!