Find Us On Social Media :

Inovasi dan Kolaborasi Jadi Kunci Ayoconnect Tumbuh Signifikan 2023

By Adam Rizal, Senin, 22 Januari 2024 | 13:30 WIB

Ayoconnect

Dalam dua tahun terakhir, industri teknologi telah menghadapi serangkaian krisis yang disebabkan oleh ketidakstabilan ekonomi global, hantaman pandemi COVID-19, dan persaingan bisnis. Berbagai usaha termasuk penyesuaian strategi pun ditempuh oleh berbagai perusahaan rintisan untuk memprioritaskan resiliensi finansial dan keberlanjutan bisnis jangka panjang. 

Meskipun demikian, Chiragh Kirpalani, CEO dan Founder Ayoconnect, optimis bahwa lanskap ekonomi digital pada tahun 2024 akan membaik seiring dengan reformasi pemerintah dan tumbuhnya konsumsi swasta sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi. Hal ini juga didukung oleh proyeksi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai USD 150 miliar atau setara Rp2,333 triliun pada tahun 2025. 

Menilik tahun 2023, Ayoconnect dengan bangga mengumumkan penambahan lebih dari 50 klien sepanjang tahun. Deretan perusahaan terkemuka yang terintegrasi dengan API Ayoconnect di antaranya adalah Bluebird, Bank Syariah Indonesia, Kredivo, JULO, KiriminAja, Bank DKI, Koperasi Syariah BMI, dan MNC Group. 

Pelaksanaan strategi yang efektif ini diwujudkan melalui adopsi berbagai fitur berbasis API besutan Ayoconnect seperti produk digital (PPOB), recurring payment, embedded lifestyle, dan instant transfer yang dimungkinkan oleh infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional milik Bank Indonesia, BI-Fast. 

Menyadur data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia pada Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2023, Indonesia berhasil menjadi pemimpin pasar di kawasan Asia Tenggara melalui capaian hingga 40% di 2022. Prestasi ini menunjukkan bahwa Indonesia berhasil menjalankan peran sebagai market leader dalam industri ekonomi digital. 

Dalam hal ini, kolaborasi berkelanjutan yang terjalin antara Ayoconnect dengan 240 mitranya adalah wujud komitmen bersama dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui fitur keuangan digital yang inklusif, aman, terpercaya, dan dapat diandalkan untuk masyarakat Indonesia. Fitur-fitur inovatif dari para mitra ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap meluasnya adopsi layanan keuangan digital secara nasional.

Lebih lanjut, Ayoconnect juga berhasil mendorong pertumbuhan bisnis sejauh lebih dari 50% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dimungkinkan dengan diluncurkannya inovasi White-Label Virtual Cards yang diluncurkan bersama Mastercard pada Januari 2023 silam dan Instant Transfer API. Dua inovasi tersebut berhasil memberikan Ayoconnect keunggulan kompetitif dalam lanskap fintech yang dinamis.

Instant Transfer API Ayoconnect yang sebelumnya disebutkan memungkinkan bisnis dari berbagai sektor usaha menggunakan mekanisme BI-FAST untuk menghadirkan kemudahan pengiriman uang ke lebih dari 130 bank di Indonesia cukup dengan satu kali integrasi dan harga yang kompetitif.

Pelaku usaha juga mendapatkan notifikasi dan dapat melakukan pemantauan real-time melalui satu dashboard pada tiap transaksi. Hadirnya berbagai fitur keuangan baru yang diluncurkan oleh mitra Ayoconnect juga diharapkan mampu berkontribusi secara signifikan terhadap meluasnya adopsi layanan keuangan digital tingkat nasional. 

Terlepas dari tantangan yang dihadapi oleh seluruh ekosistem teknologi termasuk fintech, Ayoconnect terus berupaya untuk beradaptasi melalui kolaborasi dengan berbagai sektor. Pada Juni 2023, Ayoconnect berhasil menjadi inisiator utama acara Open Finance Summit 2023 yang dihadiri oleh deretan direksi, inovator, regulator dan startup. Melalui 7 tema diskusi panel, Ayoconnect mengajak seluruh ekosistem untuk mendiskusikan bagaimana inovasi dari industri Open Finance dapat mempercepat inklusi keuangan nasional dan memprioritaskan keamanan data pengguna.

Lebih lanjut, Chiragh menjelaskan bahwa pencapaian ini juga tidak lepas dari dukungan penuh para investor Ayoconnect, termasuk Mandiri Capital Indonesia, Tiger Global, SIG, PayU, Mastercard, dan BRI Ventures. Kolaborasi dan dukungan dari mereka tidak hanya mendorong pertumbuhan Ayoconnect namun juga memperkuat posisinya sebagai pemain kunci di sektor teknologi keuangan. 

“Kesuksesan Ayoconnect pada tahun 2023 merupakan bukti komitmen kami terhadap inovasi dan kolaborasi. Kami bangga menyambut klien baru ke dalam ekosistem kami dan berharap dapat melanjutkan perjalanan menuju lanskap keuangan yang lebih inklusif dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Chiragh.

Baca Juga: Laptop Harus Punya Minimal RAM 16 GB untuk Jalankan Fitur AI

Baca Juga: Bagaimana Prospek Industri E-commerce Periode Holiday Seasons 2023?