Find Us On Social Media :

Google Dikabarkan Segera Menghadirkan Fitur AI Voice di Gmail

By Liana Threestayanti, Selasa, 23 Januari 2024 | 18:42 WIB

Terus merilis fitur-fitur artificial intelligence (AI), Google dikabarkan akan segera meluncurkan fitur AI voice pada Gmail.

Terus merilis fitur-fitur artificial intelligence (AI), Google dikabarkan akan segera meluncurkan fitur AI voice pada Gmail. Dengan fitur ini, pengguna nantinya dapat membuat email menggunakan input berupa suara.

Menurut temuan TheSpAndroid, Gmail untuk Android versi 2023.12.31.599526178 menambahkan dukungan di balik layar untuk opsi baru berlabel “draft email with voice”. Saat opsi tersebut dipilih, UI untuk voice input akan muncul dan pengguna dapat mengucapkan email mereka dan kemudian meminta AI membuat draft email berdasarkan masukan suara tersebut. Setelah rekaman dibuat, pengguna bisa memilih "create" untuk membuat draft email yang bisa diedit.

Sebelumnya, pada bulan Juni 2023, Google meluncurkan fitur “Help me write” pada Gmail. Tool AI ini dapat membantu pengguna email membuat surat elektronik yang lebih baik. Help me write dapat membuatkan draft email berdasarkan prompt/instruksi dari pengguna atau memperbaiki draft. Namun sampai saat ini, fitur ini bisa digunakan melalui Workspace Labs.

Selain itu, Google juga sudah meluncurkan Duet AI, asisten AI untuk menulis di Google Docs dan Spreadsheet, dan search experiment yang didukung AI, SGE, meskipun masih melalui  Labs.

Dan baru minggu lalu, Google mengumumkan Circle to Search di perangkat terbaru Samsung. Fitur ini memungkinkan pengguna Samsung mencari sesuatu dengan cara melingkari gambar.

Dikutip dari 9to5google, belum ada informasi apa pun tentang peluncuran fitur AI voice di Gmail ini.

Baca juga: Gandeng Google Cloud, Samsung Tambah Fitur AI Galaxy S24 Series

Baca juga: Google Siapkan US$1 miliar untuk Bangun Data Center Baru di Inggris