Find Us On Social Media :

Google Bakal Rilis Tiga Fitur AI Baru di Browser Chrome, Apa Saja?

By Liana Threestayanti, Kamis, 25 Januari 2024 | 15:24 WIB

Fitur AI kembali dihadirkan oleh Google. Browser Chrome akan semakin mudah dan efisien digunakan, berkat tiga fitur bantuan AI. (ilustrasi Google Chrome)

Fitur artificial intelligence (AI) kembali dihadirkan oleh Google. Peramban web atau web browser Chrome akan semakin mudah dan efisien digunakan, berkat tiga fitur bantuan AI yang segera dirilis.  

Fitur pertama adalah “tab groups” yang memungkinkan pengguna Chrome mengorganisasi sekumpulan tab. Chrome akan secara otomatis memberikan saran dan membuat grup berdasarkan tab yang telah dibuka.

Fitur ini akan bermanfaat ketika pengguna sedang mengerjakan banyak proyek sekaligus. Atau saat pengguna sedang membuat rencana perjalanan dan mencari hotel, restoran, atau tempat wisata terbaik. 

Bagaimana cara menggunakan fitur ini? Kata Google, cukup klik kanan pada salah satu tab yang sedang dibuka dan pilih “Organize Similar Tabs.” AI pada Chrome akan segera beraksi, mencari tab yang memuat informasi yang sama dan mengelompokkan tab tersebut. Chrome juga akan menyarankan nama dan emoji yang akan memudahkan pengguna menemukan kembali kelompok tab ini.

Selain itu, Chrome juga menambahkan writing assistant dengan AI untuk membantu user lebih percaya diri membuat tulisan untuk dipublikasikan, misalnya review, posting media sosial, atau email. Untuk “memanggil” asisten AI ini, klik kanan pada kolom teks di mana pun di Chrome dan pilih “Help me write.” Begitu pengguna mengetikkan beberapa kata, AI akan mengerti apa yang ingin ditulis pengguna dan membantu pengguna menyempurnakan tulisannya. 

Memanfaatkan keranjingan orang terhadap AI wallpaper pada Google Pixel 8, fitur ketiga memungkinkan pengguna Chrome membuat theme sendiri dengan AI. Pengguna Chrome akan dapat membuat theme berdasarkan suasana hati (mood), warna, gaya seni dan lain-lain dengan memilih dari daftar kata yang sudah dipilih sebelumnya (preselected). 

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna nantinya harus masuk ke panel Customize Chrome dan memilih Change theme, lalu Create with AI. 

Namun fitur-fitur AI baru ini baru akan tersedia di Amerika Serikat untuk penggunaan di Mac dan PC Windows. Peluncuran global diperkirakan baru akan dilakukan Google dalam beberapa bulan mendatang.

Dikutip dari ZDnet, Google menjelaskan bahwa akan ada lebih banyak fitur AI dan machine learning yang akan diluncurkan tahun ini, termasuk integrasi model AI terbaru Google, yaitu Gemini.

Baca juga: Google Dikabarkan Segera Menghadirkan Fitur AI Voice di Gmail

Baca juga: Google Bakal Hadirkan Chatbot AI Bard ke Aplikasi Google Messages