Find Us On Social Media :

Ini Tips Mengatur Password yang Tersimpan dalam Google Chrome

By Adam Rizal, Minggu, 28 Januari 2024 | 15:00 WIB

Ilustrasi Google Chrome.

Google memiliki fitur Pengelola Kata Sandi yang memungkinkan pengguna mengetahui dan menghapus password. Fitur itu memungkinkan pengguna menyimpan kata sandi dari berbagai situs web, menghilangkan kebutuhan untuk mengingat kata sandi secara manual. 

Dengan Pengelola Kata Sandi, pengguna dapat dengan mudah login ke situs web tanpa perlu memasukkan kembali kata sandi yang disimpan. Fitur ini secara otomatis menyinkronkan kata sandi sehingga pengguna dapat mengakses situs dengan cepat.

Meskipun bermanfaat, Pengelola Kata Sandi Chrome memiliki kerentanan terhadap penyusupan karena kurangnya perlindungan tambahan. Peretas yang berhasil masuk ke akun Google dapat mencuri kata sandi yang tersimpan di Pengelola Kata Sandi Chrome, serta mengekspornya ke perangkat lain.

Jika pengguna khawatir akan keamanan data mereka, mereka dapat menghapus kata sandi yang tersimpan dengan membuka browser Chrome, mengakses menu Pengaturan, dan memilih opsi Pengelola Kata Sandi Google. Setelah memasukkan PIN profil, pengguna dapat melihat dan menghapus kata sandi yang tersimpan.

Meskipun fitur ini bermanfaat, pengguna harus berhati-hati dalam penggunaannya. Disarankan untuk tidak mengunjungi situs web yang tidak jelas karena peretas dapat memanfaatkan akses cookie atau unduhan yang mencurigakan.

Tiga Fitur AI Terbaru

Ilustrasi AI (Artificial Intelligence).

Google menambahkan tiga fitur Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terbaru ke aplikasi browser Chrome. Pengembangan ketiga fitur itu berdasarkan teknologi AI generatif dan akan memberikan manfaat yang besar kepada pengguna Chrome. Tentunya, kehadiran ketiga fitur AI itu akan membuat pengguna Chrome lebih nyaman saat menjelajahi platform tersebut sekaligus meningkatkan tingkat keamanan dan aksesibilitas Chrome secara keseluruhan.

Google mengungkapkan bahwa ketiga fitur AI tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tab Organizer yang memungkinkan pengguna untuk mengatur tab-tab yang terbuka secara otomatis, membantu dalam penelusuran topik, perencanaan perjalanan, dan penelitian produk.

2. Pembuatan tema otomatis. Fitur AI itu akan membantu pengguna membuat tema sesuai suasana hati dan selera pengguna dengan bantuan AI, menghilangkan kebutuhan untuk mencari tema secara manual.

3. Fitur 'Help me write', memungkinkan Chrome untuk membantu pengguna menulis ulasan atau komentar dengan memberikan rekomendasi kata-kata secara cepat, serta menambahkan caption langsung pada video yang diputar. Chrome juga dapat menyediakan berbagai macam rekomendasi kata yang bisa digunakan. Pengguna Chrome dengan adanya fitur AI terbaru juga disebut akan lebih mudah untuk menemukan poin-poin penting atau ringkasan dalam suatu halaman situs.

Fitur AI ini juga dapat mendeteksi potensi ancaman malware pada situs web, serta mengatur perizinan pada Chrome secara otomatis. Pengguna di PC Windows dan Mac akan segera mendapatkan akses ke fitur-fitur baru ini dalam beberapa hari ke depan, dimulai dari Amerika Serikat sebelum menyebar ke wilayah lain secara bertahap

Baca Juga: Opera Hadirkan Peramban Terbaru Berbasis AI untuk iPhone dkk

 Baca Juga: Model AI GPT 3.5 Turbo Terbaru Tawarkan Harga Murah, Ini Fiturnya