Find Us On Social Media :

Cegah Pencurian, Ini Cara Pakai Fitur Stolen Device Protection iPhone

By Adam Rizal, Senin, 29 Januari 2024 | 15:30 WIB

Apple iPhone 15 Pro Max (Apple)

Dengan rilis terbaru iOS 17.3, Apple memperkenalkan serangkaian fitur baru untuk pengguna iPhone, termasuk yang paling menonjol, yaitu Stolen Device Protection. Fitur ini memberikan lapisan tambahan keamanan yang vital dalam menghadapi situasi di mana perangkat hilang atau dicuri, terutama ketika pencuri berhasil memperoleh akses ke kata sandi.

Menurut laporan Gizmochina, fitur Stolen Device Protection dari Apple kini telah tersedia, dan berikut adalah panduan untuk mengaktifkan fitur ini guna melindungi perangkat iPhone.

Perangkat pintar seperti iPhone menyimpan banyak informasi pribadi pengguna, dari komunikasi sehari-hari hingga data keuangan. Risiko kehilangan akses ke informasi sensitif menjadi lebih besar saat perangkat dicuri, seperti kemungkinan akses ke akun-akun melalui Safari atau masuk ke rekening bank melalui verifikasi SMS.

Stolen Device Protection bertujuan untuk mengatasi situasi tersebut dengan meminta otentikasi biometrik dalam skenario yang berpotensi berbahaya. Fitur ini menambahkan lapisan keamanan tambahan di luar fitur biometrik seperti Face ID atau Touch ID. Jika ada upaya untuk mengubah kata sandi Apple ID setelah keamanan biometrik ditembus, Apple memberikan jendela waktu satu jam untuk menunda perubahan tersebut.

Dalam kasus iPhone yang hilang atau dicuri, penundaan ini bertujuan untuk membatasi tindakan yang dapat dilakukan oleh pencuri, memberikan pemilik perangkat kesempatan untuk melaporkan perangkat sebagai hilang dan mengamankan akun Apple.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Stolen Device Protection di iPhone:

- Buka aplikasi Pengaturan di iPhone.

- Pilih opsi ID Wajah & Kode Sandi (untuk Face ID) atau Touch ID & Kode Sandi (untuk Touch ID).

- Masukkan kode sandi perangkat.

- Gulir ke bawah hingga menemukan bagian Stolen Device Protection.

- Aktifkan fitur dengan menggeser tombol yang terletak di sebelah opsi Aktifkan Perlindungan.

Baca Juga: Jadi Korban Kejahatan Deepfake AI, Taylor Swift Ambil Langkah Hukum

 Baca Juga: Ngeri! Tak Hanya Senjata Nuklir, Korut Fokus Kembangkan Senjata AI