Find Us On Social Media :

Bikin Foto Selfie Epik, Begini Cara Pakai Fitur Dreams AI di Snapchat

By Adam Rizal, Sabtu, 3 Februari 2024 | 09:00 WIB

Fitur AI Generatif Snapchat ini Bikin Foto Anda Jadi Karya Seni

Snapchat memperkenalkan fitur terbaru "Dreams" pada akhir 2023. Fitur Dreams menggunakan teknologi artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan generatif yang memungkinkan pengguna membuat gambar fantastis tentang diri mereka sendiri dalam berbagai situasi. Dreams akan menghasilkan gambar yang dipersonalisasi berdasarkan selfie yang pengguna kirimkan, seperti menjadi putri duyung di dalam laut atau berada di sebuah kerajaan era renaisans.

Untuk menggunakan Dreams di Snapchat, pengguna perlu mengikuti beberapa langkah sederhana:

1. Buka aplikasi Snapchat.

2. Geser ke atas untuk membuka Memories.

3. Gulir ke tab Dreams.

4. Ketuk Create Dreams untuk memulai proses orientasi AI Selfie.

5. Setujui persyaratan dengan mengetuk Agree & Continue.

6. Ikuti instruksi untuk mengambil dan mengunggah foto selfie Anda.

7. Setelah selesai, ketuk Done untuk melanjutkan.

8. Setujui Ketentuan Penggunaan Dreams dengan mengetuk Yes.

9. Pilih paket gratis dan ketuk 8 Dreams for free. Perlu diingat bahwa pembuatan paket Dreams pertama mungkin membutuhkan waktu 20-30 menit.

10. Setelah Dreams Anda selesai, ketuk perintah untuk melihatnya.

Chatbot My AI

Snap memperkenalkan chatbot My AI yang berbasis chatbot ChatGPT milik OpenAI ke semua pengguna. Sebelumnya, chatbot itu hanya tersedia untuk pelanggan berbayar Snapchat+. Chatbot My AI dapat memberikan rekomendasi, menjawab pertanyaan, membantu pengguna membuat rencana dan dapat menulis esai dalam hitungan detik. Chatbot itu dapat dibawa ke dalam percakapan dengan teman-teman ketika disebutkan dengan "@MyAI".

Pengguna juga dapat memberinya nama dan mendesain avatar Bitmoji khusus untuk lebih mempersonalisasikannya. Snap dapat melakukan itu usai OpenAI membuka akses ke chatbot-nya ke bisnis pihak ketiga seperti dilansir CNN. Snap, Instacart, dan aplikasi tutor Quizlet termasuk di antara mitra awal yang bereksperimen dengan menambahkan ChatGPT.

Sejak November 2022, ChatGPT telah memukau banyak pengguna dengan kemampuannya yang mengesankan untuk menghasilkan esai, cerita, dan lirik lagu orisinal sebagai tanggapan atas permintaan pengguna. Secara keseluruhan, layanan My AI dapat menguji seberapa berguna chatbot AI dalam kehidupan kita sehari-hari dan seberapa besar keinginan orang untuk berinteraksi dengan layanan pelanggan dan penggunaan lain di aplikasi favorit mereka.

Sebagai contoh, 99,5 persen respon My AI sesuai dengan pedoman komunitasnya. Snap mengatakan bahwa mereka telah melakukan perubahan untuk "membantu melindungi dari respons yang mungkin tidak pantas atau berbahaya." Perusahaan ini juga mengatakan telah menambahkan teknologi moderasi dan menyertakan fitur baru pada alat bantu orang tua dalam aplikasinya.

"Kami akan terus menggunakan pembelajaran awal ini untuk membuat AI menjadi pengalaman yang lebih aman, menyenangkan, dan bermanfaat, dan kami sangat ingin mendengar pendapat Anda," kata perusahaan itu.

Baca Juga: Kemampuan TSMC Mentok, NVIDIA Lobi Intel Bantu Produksi Chip AI

 Baca Juga: Teknologi AI Generatif Mengancam Operasional dan Keuntungan Netflix