Find Us On Social Media :

Dibantu AI, Kini Google Maps Bisa Mengobrol Personal ke Pengguna

By Adam Rizal, Minggu, 4 Februari 2024 | 09:30 WIB

Ilustrasi Google Maps di dalam mobil

Google akan menambahkan fitur artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ke Google Maps untuk meningkatkan fungsional kemampuannya dan saat ini fitur itu masih diuji terbatas. Fitur AI itu memungkinkan pengguna berinteraksi lebih intens dan personal dengan Google Maps dengan memberikan saran yang lebih relevan daripada pencarian generik.

Miriam Daniel (Wakil Presiden dan Manajer Umum Google Maps) mengatakan pengguna dapat berinteraksi dengan Google Maps seperti berbicara dengan orang lain untuk mendapatkan saran yang lebih terperinci. 

"Anda dapat mencari tempat dengan nuansa vintage di San Francisco, dan model AI kami akan menganalisis informasi bisnis dan tempat di sekitar, termasuk foto, rating, dan ulasan dari komunitas Maps, untuk memberikan saran yang dapat dipercaya," katanya seperti dikutip ZDNet.

Hasil pencarian menggunakan AI generatif akan disusun dalam kategori yang relevan, seperti toko pakaian dan pasar loak. Pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan lanjutan untuk mendapatkan rekomendasi lebih detail, mirip dengan interaksi dengan ChatGPT. Google Maps akan menyarankan tempat makan dengan nuansa vintage di sekitar lokasi yang dicari oleh pengguna.

Fitur AI generatif itu didukung oleh model bahasa besar yang dapat menghasilkan teks dan saran dari jutaan tempat yang tersimpan dan ulasan dari kontributor. Uji coba fitur baru ini dimulai minggu ini untuk sejumlah Local Guides terpilih, dengan rencana peluncuran fitur secara luas di masa mendatang.

Fitur Edit Foto

Google memperkenalkan mesin AI terbaru ImageFX yang membuat pengeditan foto semakin canggih. ImageFX sendiri adalah sebuah platform AI teks-ke-gambar yang memungkinkan pengguna melakukan eksperimen visual dengan antarmuka yang lebih sederhana. ImageFX mampu memberikan tag pada gambar yang dihasilkan menggunakan SynthID dan menggunakan metadata IPTC untuk memberikan informasi tambahan tentang gambar yang dihasilkan oleh AI. 

"Fitur  AI ini akan memberikan informasi lebih detail tentang gambar yang dibuat oleh AI, terutama yang muncul di Search dan Chrome," tulis Google dalam blognya.

Selain itu, Google juga meningkatkan dua produk lainnya, yaitu MusicFX dan TextFX. MusicFX menggunakan model MusicLM yang dapat membuat musik dengan cepat dan menghasilkan audio berkualitas tinggi. Sedangkan, TextFX mengalami pembaruan untuk meningkatkan navigasi dan pengalaman pengguna.

Layanan ImageFX, MusicFX, dan TextFM baru hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat, Kenya, Selandia Baru, dan Australia melalui AI Test Kitchen, dengan dukungan bahasa Inggris. Google juga mengumumkan dukungan Model Imagen 2 untuk gambar baru dari ImageFX, yang diharapkan akan menghasilkan gambar AI berkualitas tinggi dan meningkatkan kinerja pada area bidang gambar yang sulit diatasi oleh alat sebelumnya. Google juga telah memperluas penggunaan Gemini Pro di Bard dengan menyediakan layanan dalam 40 bahasa untuk 230 negara dan wilayah.

Baca Juga: Google Hadirkan Fitur Edit Foto AI, Bisa Tampilkan Informasi Gambar

 Baca Juga: Cepat Adopsi AI, Microsoft Bakal Kalahkan Apple di Masa Depan