Find Us On Social Media :

Teknologi AI Bakal Jadi Fitur Wajib Smartphone Flagship Tahun ini

By Adam Rizal, Senin, 5 Februari 2024 | 13:00 WIB

Samsung Galaxy S24 Ultra

Perusahaan riset Canalys memperkirakan pabrikan smartphone akan berinvestasi pada teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan khususnya untuk smartphone kelas atas, mengingat pelanggan kelas atas membutuhkan banyak fitur canggih untuk meningkatkan produktivitas dan memiliki banyak duit untuk membeli HP mahal.

"AI akan mencakup diferensiasi produk hingga operasional dan strategi perusahaan. Samsung akan memasukkan AI generatif sebagai strategi produk jangka panjangnya. Begitu pula dengan Xiaomi, Vivo, Oppo dan Honor," kata Toby Zhu, (Analis Senior Canalys).

Saat ini baru Samsung yang memperkenalkan fitur berbasis AI yaitu Galaxy AI. Fitur Galaxy AI menawarkan berbagai kemampuan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Presiden dan Kepala Bisnis Pengalaman Mobile Samsung Electronics, TM Roh mengatakan Samsung optimistis dapat menghadirkan fitur Galaxy AI ke 100 juta HP Samsung pada tahun ini. "Kami sangat berkomitmen menghadirkan Galaxy AI secara gratis kepada pengguna hingga tahun 2025," katanya. 

Roh mengatakan Samsung akan mengalokasikan sumber daya dan investasi yang besar untuk mewujudkan rencana tersebut. "Menurut analisis internal kami, ada banyak beragam kebutuhan akan fitur AI di perangkat seluler. Beberapa pengguna puas dengan fitur AI dasar. Pengguna lainnya tertarik dengan fitur AI yang lebih canggih dan bersedia membayar ekstra," katanya.

Samsung menjelaskan bahwa keputusan ini didasarkan pada pertimbangan tentang hardware pada perangkat yang lebih lama. Galaxy AI akan berfungsi optimal pada Galaxy S24 Series karena menggunakan chipset terbaru dengan CPU, GPU, dan NPU yang kuat.

Fitur AI tersebut juga akan berjalan dengan baik pada Galaxy S23 Series yang diluncurkan tahun lalu, karena perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dan NPU. Selain itu, Galaxy AI akan tersedia pada S23 FE, Z Fold 5, Z Flip 5, dan Tab S9. Fitur Galaxy AI hanya akan tersedia untuk model flagship yang dirilis sejak tahun 2023. Meskipun akan tersedia secara gratis hingga akhir 2025, Samsung belum memberikan rincian lebih lanjut tentang hal tersebut.

Fitur Galaxy AI

1. Terjemahan Saat Telepon

Kini telponan antar bahasa menjadi lebih mudah karena Galaxy S24 Series memiliki fitur Live Translate di dalam ponselnya. Misalnya, saat perjalanan ke Korea Selatan, Live Translate membantu membuat reservasi hotel, restaurant, hingga konsultasi rencana perjalanan dimana bahasa bukan lagi kendala.

Kehebatan AI on-device dalam fitur ini membuat percakapan lebih private dan aman karena hanya proses AI hanya terjadi di dalam smartphone. Saat bertelepon, setiap percakapan yang menggunakan dua bahasa akan diterjemahkan secara langsung. Mengaktifkan fitur ini pun cukup dengan menekan tombol ‘Call Assist’ yang secara otomatis muncul saat panggilan dinyalakan. Galaxy AI berfungsi sebagai penerjemah secara real-time saat sedang bertelepon.

Fitur ini bisa digunakan saat melakukan panggilan bahkan saat tidak tersambung pada internet ataupun Wi-Fi. Dengan Interpreter, percakapan secara tatap muka juga langsung dapat diterjemahkan pada tampilan multi-window sehingga bisa melihat secara langsung setiap kalimat yang diterjemahkan oleh AI.

2. Mudah Edit Foto dan Konten

Saat traveling, mengabadikan setiap momen tanpa ada yang terlewat jadi satu aktivitas yang pasti dilakukan. Tapi terkadang foto dan video tersebut perlu dipoles lebih lanjut sehingga bisa lebih tampil aesthetic. Apalagi saat berpergian ke luar negeri, foto-foto ala candid yang diabadikan mungkin tak akan selalu sempurna, entah itu ada photobomb atau cahaya yang menghalangi foto.

Tapi kini pengguna tidak perlu kerepotan mengedit foto tersebut. Memberikan pengalaman editing foto yang berbeda, pengguna tidak perlu berpindah-pindah aplikasi untuk merasakan kehebatan Galaxy AI dalam memoles foto menjadi lebih sempurna.

Edit foto cukup pakai AI yang ada di Galeri Galaxy S24 Series melalui fitur Edit Suggestion yang bisa secara instan menghapus refleksi atau shadow di foto. Kemudian, terdapat juga fitur Generative Edit yang memungkinkan mengisi ruang kosong pada frame menggunakan AI generatif untuk menciptakan foto yang tetap tajam dan utuh dengan latar belakang yang sesuai dengan nuansa di sekeliling.

3. Bikin Foto Lebih tajam dengan instan berkat AI Camera

Galaxy S24 Series juga memanfaatkan teknologi AI untuk memproses data pada smartphone sehingga jadi lebih mengesankan. Salah satunya dibuktikan dari kehadiran ProVisual Engine terbaru. Dengan pemrosesan AI, foto yang diabadikan dari jarak jauh pun bisa jadi lebih tajam dan sempurna

Di dalam Galaxy S24 Series, fitur ProVisual Engine ini diturunkan pada empat kegunaan utama yang sangat bermanfaat dalam pengambilan foto ataupun video. Pertama, fitur ini mendukung AI Zoom untuk melakukan pengambilan foto yang bisa diperbesar hingga 100x tanpa pecah (Space Zoom).

Kemudian, pengoptimalan Nightography System untuk mengambil foto ataupun video dalam kondisi gelap lebih sempurna, khususnya ketika berada di tempat yang asing dengan kondisi pencahayaan yang berbeda-beda. Terdapat juga dukungan Object aware engine yang mampu menghasilkan gambar Super HDR untuk pengguna bisa mengabadikan keindahan cityscape ataupun landscape terbaik yang dikunjungi.

Terakhir, fitur ini mampu melakukan AI frame generation untuk menghasilkan Instant Slow-mo yang impresif sehingga bisa membuat konten video yang unik saat traveling di luar negeri.

4. Transkrip Audio hingga Meringkas Artikel

Aplikasi Voice Recorder pada Galaxy S24 Series mampu langsung memberikan transcript audio dengan fitur Transcript Assist. Dengan hanya mengklik tulisan ‘Transcribe’ pada aplikasi bawaan smartphone tersebut, AI akan langsung meng-convert audio tersebut menjadi tulisan.

Fitur ini sangat membantu ketika berada di luar negeri dan mengikuti city tour. Saat tour guide menjelaskan berbagai fakta unik di suatu negara, misalnya Korea, pengguna dapat merekam semua penjelasan tersebut dan men-transcriptnya ke dalam text berbahasa Inggris.

Bukan cuma itu, jika ingin melengkapi cerita tersebut dari sumber-sumber artikel lain, Galaxy AI bisa mendukungnya dengan lebih instan. Biasanya untuk meringkas bacaan yang panjang, pengguna harus melakukan copy paste artikel ke website penyedia AI yang dituju.

Dengan Galaxy AI di Galaxy S24 Series, Anda tak perlu bergeser dari artikel yang sedang dibuka, cukup dengan memberi highlight pada tulisan yang ingin diringkas, lalu nantinya akan muncul icon Galaxy AI dan tombol ‘Summarize’. Setelah itu, semua tulisan akan diringkas secara otomatis. Tidak kalah menarik, fitur ini juga bisa dilakukan untuk menerjemahkan tulisan.  

5. Bikin Itinerary Lebih Praktis, Cukup Lingkari yang Anda Lihat

Kini semua yang ditampilkan pada layar smartphone bisa dicari tahu dengan mudah melalui fitur Circle to Search with Google. Keunggulan ini yang membedakan teknologi AI di Galaxy S24 Series. Tanpa perlu repot berpindah aplikasi ke browser untuk mencari informasi, kini pengguna cukup memencet tombol ‘Home’ selama beberapa waktu.

Secara otomatis Galaxy AI akan berfungsi dan Anda dapat melingkari lokasi yang ingin diketahui. Dalam sekejap, akan muncul pop up browser yang berisi informasi-informasi yang akurat tentang hal yang ingin diketahui tersebut.

Baca Juga: Apple Rajai Pasar HP di Dunia Tahun Lalu, HP Infinix Paling Laris

 Baca Juga: HMD Global Enggan Perpanjang Lisensi, HP Nokia Resmi Berakhir