Find Us On Social Media :

Apa saja Perbedaan Fitur Chatbot AI Copilot Gratis vs Copilot Pro?

By Adam Rizal, Selasa, 6 Februari 2024 | 10:00 WIB

Microsoft AI Copilot

Microsoft resmi meluncurkan chatbot artificial intelligence (AI) generatif atau kecerdasan buatan Bing Chat, menyusul popularitas chatbot AI meroket semenjak kemunculan ChatGPT milik OpenAI. Pada November 2023, Microsoft mengganti nama Bing Chat menjadi Copilot dengan dua versi Copilot yaitu versi gratis dan versi pro berbayar.

Anda dapat mengakses Copilot versi gratis  melalui berbagai platform Microsoft. Copilot versi gratis membantu pengguna dalam pencarian web, pembuatan konten, penghasilan gambar, dan menjawab pertanyaan kompleks. Sebagai versi gratis, semua pengguna dapat mengaksesnya tanpa terkecuali, baik melalui PC, telepon, maupun web.

Sementara itu, Copilot Pro adalah versi berbayar yang menawarkan peningkatan kinerja dan fitur. Pengguna Copilot Pro mendapatkan akses prioritas selama jam sibuk, dan fitur AI di aplikasi Office. Microsoft menetapkan biaya langganan USD20 per bulan untuk Copilot Pro.

Perbedaan antara Copilot Pro dan Copilot versi gratis termasuk ketersediaan dan fitur. Saat ini, Microsoft belum memberikan rincian tentang wilayah tempat Copilot tersedia secara spesifik. Namun, Copilot Pro baru tersedia di beberapa negara. Fitur Copilot (gratis) dan Copilot Pro memiliki banyak kesamaan, tetapi Copilot Pro menawarkan beberapa fungsi tambahan dan kinerja yang lebih cepat dalam beberapa aspek.

Copilot (gratis) mencakup akses di web, seluler, dan berbagai platform, akses ke GPT-4 dan GPT-4 Turbo, penggunaan teks, suara, dan gambar dalam penelusuran percakapan, pembuatan gambar AI dengan 15 peningkatan per hari menggunakan Designer, serta dukungan untuk plugin dan GPT.

Di sisi lain, Copilot Pro mencakup semua fitur Copilot (gratis) ditambah akses prioritas ke GPT-4 dan GPT-4 Turbo, akses ke Copilot di aplikasi Microsoft 365 untuk membuat draf dokumen, meringkas email, membuat presentasi, dll., dan pembuatan gambar AI dengan DALL-E 3 dalam format lanskap lebih cepat dengan 100 peningkatan per hari menggunakan Designer. Khusus untuk Copilot di dalam Office, terdapat banyak fitur berguna yang tersedia.

Pengguna Copilot

Microsoft telah memperkenalkan Copilot yang berbasis alat AI Generatif sejak Oktober 2023 untuk Windows 11 dan Desember 2023 untuk Windows 10. Belum lama ini, jumlah pengguna Copilot pada pengguna Windows mencapai 75 juta perangkat di seluruh dunia.

CEO Microsoft, Satya Nadella mengatakan peningkatan adopsi Copilot yang signifikan itu menunjukkan dampak positif AI dalam meningkatkan produktivitas pengguna. "Penggunaan Copilot telah meningkatkan tingkat produktivitas hingga 70 persen. Integrasi AI generatif adalah kunci peningkatan produktivitas," katanya 

Sebagai contoh, penggunaan Copilot dalam aplikasi Microsoft 365 telah menghasilkan peningkatan efisiensi sebesar 29 persen dalam berbagai aktivitas, seperti pencarian, penulisan, dan peringkasan.

Kesuksesan Microsoft Copilot tidak hanya terbatas pada pengguna individu, tetapi juga telah diterapkan oleh perusahaan besar seperti Dentsu, Honda, dan Pfizer, yang mengintegrasikan alat AI ini pada karyawan mereka dengan tingkat adopsi yang cepat, bahkan melampaui perangkat E3 atau E5 hanya dalam waktu 2 bulan. 

"Data ini menunjukkan perkembangan yang pesat dalam penggunaan Copilot di kalangan korporasi," ujarnya.

Baca Juga: Tantang Galaxy AI, Apple Bakal Luncurkan Fitur AI-nya Akhir Tahun Ini

 Baca Juga: Saingi ChatGPT, Google Bakal Ganti Nama Chatbot AI Bard Jadi Gemini