Find Us On Social Media :

Hands-on Samsung Galaxy A15 5G: Andalan Samsung di Harga Tiga Jutaan

By Dayu Akbar, Kamis, 8 Februari 2024 | 17:45 WIB

Samsung resmi mengumumkan kehadiran Galaxy A15 series yang terdiri dua seri yaitu Galaxy A15 dan Galaxy A15 5G. Sesuai penamaan serinya, yang pertama mendukung hingga jaringan 4G dan satunya lagi hingga jaringan 5G. Sebagai penerus Galaxy A14 Series, dua seri ini jadi smartphone Samsung pertama di tahun 2024 yang diluncurkan Samsung Indonesia.Apa saja peningkatan maupun fitur yang dihadirkannya? Berikut ulasan singkat dari Samsung Galaxy A15 5G:Packaging

Masih mirip dengan Galaxy seri A lainnya, kotak kemasan Galaxy A15 5G terbilang tipis karena didalamnya hanya terdapat unit dan kelengkapan sederhana. Anda hanya akan menemukan kabel data USB type-C, SIM ejector, dan kertas panduan serta garansi saja. Tidak terdapat kepala charger sehingga harus membelinya secara terpisah atau bisa menggunakan charger lain. Sabagai tambahan layarnya juga tidak disertakan lapisan anti gores bawaan.

Desain

Jika diperhatikan, Samsung seri A punya desain yang monoton. Hampir semuanya mirip. Bagian belakangnya polos licin dengan tiga kamera dengan bentuk bulatan berukuran sama. Lapisan belakang ini memiliki motif dengan tiga pilihan warna, yaitu Yellow, Blue, dan Blue Black. Menariknya, meski menggunakan bahan polikarbonat, namun sekilas mirip seperti kaca karena finishing-nya glossy. Bagian ini memang meninggalkan bercak sidik jari saat dipegang meski tidak terlalu mencolok.

Penempatan tombol Volume dan Power masih sama yaitu di sisi kanan. Tombol Power juga berfungsi sebagai sensor fingerprint. Di dekat tombol tersebut, Samsung membuat sisinya agak cekung sebagai estetika. Sedangkan sisi kiri ada slot untuk satu kartu SIM dan satu kartu microSD atau dua kartu SIM tanpa microSD (hybrid). Sisi bawah terdapat jack audio, mikrofon, port USB type-C, dan lubang speaker. Karena hanya ada satu, speakernya sendiri berjenis mono.Fisiknya memiliki bentuk kotak dengan ujung-ujung yang membulat. Cukup nyaman digenggam dengan satu tangan. Secara dimensi, ukurannya sedikit lebih kecil dan ramping dibanding Galaxy A14 5G. Panjangnya 160,1 mm, lebar 76,8 mm, dan ketebalan 8,4 mm. Bobotnya sekitar 200 gram.Layar

Layar jadi peningkatan yang cukup bagus dibanding Galaxy A14 5G. Kali ini Galaxy A15 5G sudah menggunakan panel Super AMOLED dan bukannya PLS LCD. Ukurannya 6,5 inci dengan resolusi FHD+ (1080 x 2340 pixels). Refresh rate-nya 90Hz untuk transisi smooth saat navigasi di layar serta scrolling, ataupun gaming dengan permainan tempo cepat.

Layar smartphone ini diperkuat vision booster untuk meningkatkan visibilitas dan kecerahan saat melihat layar di bawah pencahayaan matahari atau sumber cahaya terang lainnya. Smartphone akan mendeteksi pencahayaan sekitar dan melakukan penyesuaian dengan cara menjadikan area gelap lebih cerah dan meningkatkan warna menjadi lebih hidup. KameraTiga kamera belakangnya ada di pojok kiri atas. Secara berurutan dari atas ke bawah, kameranya terdiri dari kamera ultra-wide 5 MP, kamera utama 50 MP, dan kamera makro 2 MP. Sementara kamera depannya mengusung desain teardrop dengan resolusi 13 MP. Untuk merekam video, kamera belakang dan depan bisa hingga 1080p@30 fps.

Spesifikasi

Samsung Galaxy A15 5G menggunakan prosesor Dimensity 6100+ yang mendukung jaringan kencang 5G untuk pengalaman streaming dan gaming anti delay. Kinerjanya ditunjang pula oleh RAM 8GB yang bisa ditingkatkan dengan RAM Plus hingga 8GB untuk performa yang makin lancar ketika menjalankan berbagai aplikasi dan multitasking. Dalam hal penyimpanan internal, Galaxy A15 5G hadir dengan kapasitas 256 GB yang dapat diperluas dengan MicroSD hingga 1 TB.

Baterainya memiliki kapasitas 5000 mAh yang diklaim mampu memutar video sampai 20 jam nonstop. Selain itu, baterai smartphone ini sudah mendukung pengisian cepat alias fast-charging 25W, di mana hanya dalam 30 menit saja baterai sudah terisi 50 persen dan siap digunakan seharian penuh. Ia juga hanya butuh 85 menit untuk full-charged.Fitur tambahan lainnya mencakup NFC, serta hadir dengan One UI 6 yang berbasis Android 14. Antarmuka ini memiliki banyak elemen yang bisa diatur untuk menciptakan tampilan dan nuansa lebih modern. Juga tersedia pilihan untuk personalisasi sesuai dengan kebiasaan dan preferensi pengguna.

Salah satu peningkatan signifikan pada One UI 6 adalah terintegrasinya fitur Samsung Knox Vault di dalamnya. Fitur keamanan berlapis ini akan memberikan tingkat keamanan yang kuat untuk melindungi informasi penting saat perangkat mengalami gangguan terkait hardware, seperti pembongkaran. Samsung juga memberikan peningkatan OS hingga empat generasi, dan pembaruan keamanan selama lima tahun.Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy A15 5G tersedia secara online maupun offline dengan tiga pilihan warna yaitu Yellow, Blue, dan Blue Black. Hanya satu varian yaitu 8/256 GB, harga yang dibanderol yaitu Rp3.599.000.