Find Us On Social Media :

Chatbot AI Google Bard Ganti Nama Jadi Gemini, Diklaim Lebih Canggih

By Rafki Fachrizal, Jumat, 9 Februari 2024 | 15:30 WIB

Ilustrasi Google Gemini.

Raksasa teknologi Google baru saja mengumumkan bahwa chatbot AI (artificial intelligence) miliknya, Bard, telah resmi berganti nama menjadi Gemini.

Pengumuman itu bersamaan dengan peluncuran aplikasi mobile (Android dan iOS) Gemini di Amerika Serikat.

Perusahaan juga mengatakan bahwa aplikasi ini nantinya akan segera tersedia di lebih banyak negara dan bahasa.

Dikutip dari Cointelegraph, wakil presiden dan manajer umum untuk Google Assistant dan Bard, Sissie Hsiao, mengumumkan bahwa chatbot AI berusia 11 bulan milik perusahaan tersebut kini telah menggunakan nama yang sama dengan LLM (large language model) yang diadopsinya.

Gemini mewakili LLM Google yang paling canggih yang disebut Ultra 1.0. Perusahaan mengeklaim bahwa AI ini "jauh lebih mampu melakukan tugas-tugas yang sangat kompleks seperti koding, penalaran logis, hingga berkolaborasi dalam proyek-proyek kreatif."

Menurut posting blog perusahaan, versi premium dari chatbot, chatbot Gemini Advanced bahkan memungkinkan percakapan yang lebih panjang, lebih rinci dan pemahaman yang lebih baik tentang konteks dari petunjuk sebelumnya.

Chatbot ini bisa menjadi tutor pribadi, membantu pengkodingan tingkat lanjut dan bertukar pikiran tentang proyek-proyek kreatif.

Bard Berubah Nama Menjadi Gemini.

Gemini Advanced bakal tersedia melalui langganan Google One AI Premium seharga $20 per bulan, dan akan segera diintegrasikan ke dalam layanan Google seperti Gmail, Documents, Spreadsheet, dan Slide.

Versi mobile Gemini dapat menghasilkan keterangan untuk foto, menjawab pertanyaan tentang artikel, melakukan panggilan, dan mengontrol perangkat rumah pintar. Gemini bertujuan untuk menjadi asisten AI multimodal yang bisa diajak bicara.

"Kami bekerja sama dengan regulator lokal untuk memastikan bahwa kami mematuhi persyaratan lokal sebelum kami dapat berekspansi," kata Hsiao.

Perubahan nama Bard menjadi Gemini bisa dibilang menjadi strategi baru yang dilakukan Google untuk menantang ChatGPT besutan OpenAI.

OpenAI yang didukung Microsoft merilis versi pertama ChatGPT pada November 2022, dan memperbaruinya dengan GPT-4 pada Maret tahun lalu.

Baca Juga: Dibekali Model AI Imagen 2, Google Bard Sekarang Bisa Hasilkan Gambar

Baca Juga: PBB: Indonesia Berpotensi jadi Episentrum Pengembangan AI di ASEAN