Find Us On Social Media :

Guru dan Siswa Wajib Punya, Ini 10 Aplikasi AI untuk Proses Belajar

By Adam Rizal, Sabtu, 10 Februari 2024 | 09:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Saat ini teknologi artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sudah merambah dunia pendidikan, mengingat banyak proses belajar mengajar yang daring.

AI memberikan banyak manfaat dalam proses belajar-mengajar para siswa hingga mahasiswa seperti AI dapat memberikan dan menyediakan rekomendasi materi terbaik bagi guru atau dosen. 

Berikut adalah daftar 10 aplikasi dan situs web berbasis artificial intelligence (AI) kecerdasan buatan yang dapat mendukung aktivitas belajar mengajar:

1. ChatGPT: Sebagai salah satu situs web yang didukung AI yang populer, ChatGPT tidak hanya sebagai asisten virtual untuk menjawab pertanyaan, tetapi juga sebagai mitra bagi guru dan siswa dalam menyusun materi pelajaran.

2. DataBot: Merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai asisten virtual yang melatih kemampuan logika dan memori otak serta memberikan penjelasan atas pertanyaan pengguna.

3. ELSA Speak: Dirancang untuk melatih pengguna berbicara dalam bahasa Inggris dengan lancar melalui latihan dialog dan memberikan rekomendasi perbaikan.

4. Formative AI: Memberikan umpan balik berkala mengenai kinerja siswa, mengidentifikasi minat dan kelemahan, serta membantu guru menyesuaikan strategi pengajaran.

5. Gradescope: Alat untuk menilai tugas dan ujian yang dapat digunakan di berbagai mata pelajaran.

6. Grammarly: Alat untuk memperbaiki ejaan, tata bahasa, dan tanda baca dalam tulisan serta meningkatkan kemampuan menulis siswa.

7. PowerPoint Speaker Coach: Menganalisis kecepatan suara dan ketepatan nada pengajar dalam presentasi serta memberikan saran perbaikan.

8. QuillBot: Alat untuk memparafrase kalimat yang membantu menyusun tugas atau materi pelajaran dengan cepat.

9. Quizlet: Platform untuk mengelola kelas secara virtual, memantau kemajuan siswa, dan berjejaring dengan guru secara global.

10. Socratic: Aplikasi untuk memahami konsep ilmiah di bidang saintek dan ilmu sastra hingga drama.

Baca Juga: Mirip ChatGPT, ByteDance Kenalkan Chatbot AI Coze Mudahkan Coding

 Baca Juga: Chatbot AI Google Bard Ganti Nama Jadi Gemini, Diklaim Lebih Canggih