Find Us On Social Media :

Korbankan Produksi HP Mate 60, Huawei Prioritaskan Buat Chip AI

By Adam Rizal, Rabu, 14 Februari 2024 | 09:00 WIB

Chip AI Huawei 910B

Huawei mengubah strategi produksinya dengan memprioritaskan pengembangan chip artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan Ascend 910B. Namun, konsekuensinya, Huawei harus mengorbankan produksi HP Mate 60 yang mencatat penjualan yang kuat di Tiongkok.

Huawei melihat chip AI memiliki prospek cerah di masa depan dan sebagai bagian dari visi jangka panjangnya. Keputusan ini menarik perhatian karena menunjukkan keyakinan Huawei pada potensi besar AI dalam dunia teknologi. 

Chip Ascend 910B, yang semakin diminati di China, menjadi fokus utama perusahaan ini, terutama mengingat kesulitan pengembang AI  untuk mendapatkan chip berkualitas tinggi dari luar negeri akibat pembatasan perdagangan. Dengan fokus ini, Huawei tidak hanya mengatasi tantangan tersebut tetapi juga memperkuat posisinya sebagai pemain utama dalam pasar AI domestik.

Tentunya langkah itu mencerminkan ambisi besar perusahaan-perusahaan teknologi China dalam mengembangkan teknologi AI, meskipun mereka masih mengejar pemimpin global seperti OpenAI dan Google seperti dikutip Gizmochina.

Selain itu, China juga telah memperkuat regulasi AI, menekankan persetujuan yang diperlukan sebelum merilis produk AI ke publik. Dengan beralih ke AI, Huawei mengantisipasi masa depan dengan fokus pada teknologi yang berpotensi mengubah dunia. Langkah ini menegaskan komitmen Huawei untuk menghadapi tantangan saat ini sambil mengejar visi jangka panjangnya terhadap AI.

Diborong Baidu

Baidu Ernie 4.0

Perusahaan raksasa mesin pencari asal China Baidu memborong chip artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan buatan Huawei Technologies. Baidu kesulitan mendapatkan pasokan chip AI Nvidia A100 karena tekanan politik dan sanksi perdagangan dari AS. Baidu memesan sebanyak 1.600 chip AI Ascend 910B dari Huawei senilai 450 juta yuan (Rp966 juta).

Pada Oktober tahun ini, Huawei telah mengirimkan lebih dari 60 persen pesanan tersebut, atau sekitar 1.000 chip. Huawei berjanji akan mengirimkan semua chip tersebut pada akhir tahun ini. Kedua orang tersebut menolak untuk disebutkan namanya karena rincian kesepakatan tersebut bersifat rahasia.

Tampaknya, Baidu bersiap melepas ketergantungannya dari teknologi asing seperti Nvidia dan memilih produk chip AI dalam negeri sekaligus menjadi bukti swasembada produk dalam negeri China seperti dikutip Gizmochina.

Meskipun kemampuan chip Huawei belum bisa menandingi performa Nvidia, chip tersebut mewakili chip AI tercanggih yang ditawarkan Tiongkok. Pergeseran ini bukan hanya tentang preferensi Baidu; Hal ini merupakan respons terhadap peraturan ketat AS yang melarang Nvidia menjual beberapa chip AI terbaiknya ke perusahaan Tiongkok. Para analis melihat larangan penjualan yang dilakukan AS itu akan membuka pintu pembuka bagi Huawei untuk mengincar lebih banyak pasar domestik.

Salah satu sumber mengatakan bahwa Baidu, sebagai perusahaan AI terkemuka di China, yang mengoperasikan model bahasa besar (LLM) Ernie. Ini dilakukan sebelum aturan baru yang sangat diantisipasi oleh pemerintah AS yang pada bulan Oktober memperketat pembatasan ekspor chip dan peralatan chip ke China. Ini termasuk chip raksasa AS, Nvidia.

Baidu telah mengembangkan rangkaian chip AI Kunlun yang mampu menjalankan komputasi AI dalam skala besar. Namun perusahaan tersebut sebagian besar mengandalkan chip A100 Nvidia untuk melatih LLM mereka. Setelah AS tahun lalu memberlakukan aturan yang menghentikan Nvidia untuk menjual chip A100 dan H100-nya ke China, perusahaan tersebut mengeluarkan chip baru A800 dan H800 sebagai alternatif bagi pelanggan China, termasuk Baidu. Nvidia tidak lagi dapat menjual chip tersebut ke China karena aturan Oktober.

Huawei sukses menarik perhatian global yang signifikan pada Agustus lalu ketika secara tak terduga meluncurkan smartphone baru yang oleh para analis dikatakan menggunakan prosesor yang dikembangkan secara internal dengan teknologi semikonduktor canggih. Hal ini juga menyoroti kemajuan perusahaan dalam pengembangan chip meskipun adanya sanksi.

Pada bulan September, Reuters melaporkan bahwa unit desain chip internal Huawei, HiSilicon, telah memulai pengiriman prosesor buatan China yang baru untuk kamera pengawas kepada klien pada tahun 2023, menunjukkan tanda-tanda comeback lainnya.

Baca Juga: Pendapatan Meroket, OpenAI ChatGPT Fokus Bangun Pabrik Chip AI

 Baca Juga: Meta Bakal Pasang Label ke Konten-konten Buatan AI Generatif