Find Us On Social Media :

Tantang NVIDIA, AMD Luncurkan Chip AI dengan Harga Terjangkau

By Adam Rizal, Kamis, 15 Februari 2024 | 10:00 WIB

Ilustrasi Chip AI (Artificial Intelligence)

AMD mengumumkan seri chip Instinct MI300 yang akan  memperkuat posisinya di pasar perangkat keras berbasis artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Instinct M1300 akan menjadi alternatif yang lebih terjangkau dibandingkan GPU H100 Tensor Core Nvidia.

AMD berusaha mengubah wajah komputasi AI dengan chip terbarunya dan menawarkan chip AI-nya kepada Microsoft dengan harga yang lebih kompetitif daripada yang ditawarkan Nvidia kepada Microsoft.

CEO AMD, Su Zifeng mengatakan chip AI MI300 memiliki potensi yang revolusioner dan akan memberikan dampak yang signifikan dan manfaat yang nyata bagi pengguna.

"Chip AI memiliki kemampuan akselerator untuk memberikan respons yang cepat dan meningkatkan interaksi berbasis AI," katanya seperti dikutip Gizmochina.

Zifeng menyoroti bahwa kemajuan teknologi AI sangat luas, khususnya dengan penetrasi AI di berbagai sektor industri. Untuk menghadapi tantangan ini, AMD menghadirkannya dengan chip AI Instinct MI300, menegaskan peran kunci mereka di dalam arena perangkat keras AI.

Salah satu keunggulan utama dari Instinct MI300 adalah peningkatan kinerja yang signifikan, serta integrasi memori HBM3 sebesar 192 GB untuk meningkatkan kinerja dan memfasilitasi transmisi data yang lebih cepat, serta menangani model AI yang lebih besar.

Perkembangan kinerja ini dinilai sangat penting mengingat kompleksitas aplikasi AI yang semakin meningkat, yang menuntut kecepatan dan efisiensi yang lebih tinggi. Selain itu, desain chipset yang dapat menampung 13 chip kecil berdasarkan penumpukan 3D menjadi salah satu inovasi penting.

Tiga belas chip tersebut terdiri dari 24 inti CPU Zen4 yang terintegrasi dengan memori CDNA 3 dan 8 HBM3, memanfaatkan IP 5 nm dan 6 nm untuk meningkatkan total memori. Secara sederhana, integrasi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi penggunaan chip tersebut.

Baca Juga: Kini ChatGPT Punya Memori Digital, Rekam Semua Riwayat Percakapan

 Baca Juga: Korbankan Produksi HP Mate 60, Huawei Prioritaskan Buat Chip AI