Find Us On Social Media :

Pengguna Galaxy S23 Series Bakal Kebagian Fitur Galaxy AI Bulan Depan

By Adam Rizal, Kamis, 15 Februari 2024 | 11:30 WIB

Dari Samsung Galaxy seri S23 yang resmi diluncurkan di Indonesia, hanya Samsung Galaxy S23 Ultra yang dilengkapi dengan S Pen.

Samsung telah meluncurkan fitur unggulan Galaxy AI ke dalam flagship Galaxy S24 series dengan fitur utama Galaxy AI yang berbagai macam fitur berbasis artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Samsung pun berjanji akan menghadirkan fitur Galaxy AI itu ke varian smartphone lainnya seperti Galaxy S23 Series Galaxy Z Fold 5, Galaxy Z Flip 5, Galaxy S22, Galaxy S22 Plus, dan Galaxy S22 Ultra.

Seorang analis, Bennett Buhner, memberikan bocoran bahwa pembaruan Samsung One UI 6.1 yang sebelumnya telah diperkenalkan di Galaxy S24 series pada Januari kemungkinan akan tersedia untuk Galaxy S23 dalam waktu dekat. Pembaruan Samsung One UI 6.1 akan membawa fitur Galaxy AI di dalamnya dan akan tiba di Galaxy S23 bulan depan.

Bocoran ini juga dikuatkan oleh pembocor Tarun Vats, yang memperkirakan bahwa One UI 6.1 akan tersedia untuk smartphone Galaxy generasi terbaru antara 11-13 Maret atau 18-20 Maret. Melalui postingannya di media sosial X, Tarun memberikan keyakinan kepada pemilik Galaxy S23 bahwa mereka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan fitur Galaxy AI melalui pembaruan One UI 6.1.

Fitur Galaxy AI yang dihadirkan Samsung mencakup bantuan pengeditan gambar, peningkatan zoom, foto cahaya rendah yang lebih tajam, serta peningkatan kinerja penghapus objek. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan alat pengeditan baru, seperti kemampuan untuk memindahkan objek di foto atau mengubah ukurannya. Galaxy AI juga berfungsi sebagai asisten baru untuk perangkat Samsung, seperti versi Bixby yang lebih cerdas seperti dikutip Tech Radar.

Sebagai contoh, pada November lalu, Samsung memperkenalkan fitur AI Live Translate Call yang menggunakan Galaxy AI untuk menerjemahkan panggilan telepon secara real-time.

Fitur Galaxy AI

Samsung memastikan akan menghadirkan fitur eksklusif Galaxy S24 series yaitu Galaxy AI ke dalam smartphone Galaxy S23 Series pada awal tahun ini. Fitur Galaxy AI sendiri menggunakan teknologi artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang mampu meningkatkan produktivitas pengguna dana menjadikan  Samsung sebagai salah satu dari sedikit perusahaan, selain Google, yang mengintegrasikan teknologi AI langsung ke dalam perangkat mereka.

Saat peluncuran, Samsung awalnya menyatakan bahwa fitur-fitur AI ini akan eksklusif untuk pengguna Galaxy S24 Series. Namun, akhirnya mereka mengonfirmasi bahwa fitur-fitur AI tersebut akan diadaptasi juga untuk perangkat Galaxy S23 Series. Menurut laporan Wccftech, Samsung UK telah membagikan infografis yang memperlihatkan berbagai fitur AI yang akan diperkenalkan pada Galaxy S23 Series. Sebagian besar fitur utama AI, seperti Circle to search, terjemahan langsung, bantuan foto, dan bantuan catatan, akan tersedia untuk pengguna perangkat tersebut.

Meskipun beberapa fitur mungkin masih terbatas pada awalnya, namun kemungkinan akan ada penambahan fitur lainnya di masa mendatang untuk Galaxy S23 Series. Namun, belum ada informasi mengenai apakah pengguna Galaxy S22 Series atau seri ponsel Samsung yang lebih lama akan mendapatkan akses ke fitur serupa. Samsung kemungkinan masih mengevaluasi kemampuan prosesor pada perangkat-perangkat lama mereka untuk memastikan kelancaran dalam menjalankan fitur-fitur AI ini.

Baca Juga: Google Luncurkan Gemini Ultra, Model Bahasa AI Tercanggih Saat Ini

 Baca Juga: Tantang NVIDIA, AMD Luncurkan Chip AI dengan Harga Terjangkau