Find Us On Social Media :

Banjir Pesanan Pelanggan, TSMC Mulai Tingkatkan Produksi Chip 3nm

By Adam Rizal, Kamis, 15 Februari 2024 | 13:00 WIB

TSMC

Pabrikan semikonduktor terbesar di dunia TSMC meningkatkan produksi chip canggih 3nm-nya untuk merespons tingginya permintaan chip tersebut. Ekspansi produksi itu dilakukan untuk memenuhi permintaan chip yang semakin tinggi dari perusahaan teknologi besar yang mencari prosesor terkini untuk produk-produk mereka. 

Pada 2023, Apple menjadi pelanggan utama TSMX untuk chip 3nm yang digunakan pada iPhone 15 Pro series. Namun, perusahaan besar lainnya seperti Qualcomm, MediaTek, NVIDIA, dan Intel juga telah menunjukkan minat dan memesan chip tersebut seperti dikutip Gizmochina.

Meskipun versi awal proses 3nm (N3B), TSMC mengalami tantangan dalam hal hasil produksi dan biaya yang tinggi. TSMC mengeklaim chip 3nm generasi kedua (N3E)  akan menawarkan kinerja yang lebih baik dengan biaya yang lebih terjangkau. Hal itu akan menyebabkan persaingan yang lebih ketat di pasar semikonduktor karena perusahaan-perusahaan teknologi besar bersiap untuk merilis perangkat pertama mereka yang menggunakan teknologi 3nm.

Keberhasilan TSMC dalam memenuhi permintaan yang meningkat dan mengatasi tantangan produksi akan memiliki dampak yang signifikan pada keberhasilan perangkat-perangkat ini dan perusahaan di belakangnya.

Sementara itu Perusahaan raksasa semikonduktor China SMIC mulai memproduksi chipset 5nm untuk Huawei, sebagai respons terhadap pembatasan ekspor yang diberlakukan oleh pemerintahan Biden terhadap peralatan pembuat chip canggih atas alasan keamanan nasional. SMIC juga telah mendirikan lini semikonduktor baru di Shanghai untuk pembuatan chip yang didesain oleh Huawei.

Baca Juga: Pengguna Galaxy S23 Series Bakal Kebagian Fitur Galaxy AI Bulan Depan

 Baca Juga: Tantang NVIDIA, AMD Luncurkan Chip AI dengan Harga Terjangkau