Find Us On Social Media :

Teknologi AI Generatif ini Bikin Hasil Desain Lebih Realistis

By Adam Rizal, Jumat, 16 Februari 2024 | 09:00 WIB

Teknologi AI Generatif ini Bikin Hasil Desain Lebih Realistis dan Presisi

Dassault Systemes memamerkan kemajuan teknologi AI generatif yang membantu desainer dalam membuat gambar yang lebih realistis dan keren. Manish Kumar (CEO Solidworks Dassault Systemes) mengatakan  penggunaan AI dalam desain bukan hal baru bagi perusahaan. Dassault Systems telah melahirkan banyak solusi teknologi AI untuk desain sebelum kehadiran ChatGPT. 

"Kami mengembangkan alat AI generatif seperti MakeByMe yang memungkinkan perancangan produk dengan presisi dan lebih mudah," katanya dalam dalam konferensi 3DExperience World 2024.

MakeByMe, aplikasi desain 3D untuk perabotan rumah dapat diintegrasikan dengan HomeByMe dan dapat diakses melalui perangkat seluler. Dalam aplikasi ini, desain perabotan rumah dapat dipindai dan dirancang ulang dengan presisi yang tinggi, bukan sekadar gambar.MakebyMe sebagai basis aplikasi ini dibuat Dassault Systemes sebagai aplikasi desain versi ramah pengguna mulai dari merancang hingga memilih material dan perhitungan teknis ukuran dan lainnya.

Manish menekankan bahwa desain virtual ini dapat diubah dan dihasilkan menjadi produk nyata. Jika alat AI generatif selama ini lebih dikenal menyajikan konten berupa gambar, justru hasil desain MakeByMe atau HomeByMe membuat rancangan perabotan rumah dengan sangat presisi seperti aslinya. 

"Kami membuat aplikasi ini sebagai platform desain yang ramah pengguna, mulai dari merancang hingga memilih bahan dan melakukan perhitungan teknis," ujarnya.

Bernard Charles (Chairman Dassault Systemes) mengatakan teknologi AI berperan penting dalam dunia desain, mengingat desainer harus mengikuti perkembangan kehidupan manusia dengan merancang ulang produk yang ada berdasarkan pengalaman dan sumber daya yang ada. 

"Masa depan desain adalah integrasi antara pemodelan dan simulasi dengan AI. Kami akan menghadirkan kemampuan AI dalam desain lebih banyak di masa depan," ujarnya.

Baca Juga: Tantang NVIDIA, AMD Luncurkan Chip AI dengan Harga Terjangkau

 Baca Juga: Pengguna Galaxy S23 Series Bakal Kebagian Fitur Galaxy AI Bulan Depan