Find Us On Social Media :

Penjualan Chip Global Melonjak Berkat AI, NVIDIA Memimpin Pasar

By Adam Rizal, Senin, 19 Februari 2024 | 10:00 WIB

Nvidia H200

Penjualan semikonduktor di dunia mencapai rekor tertinggi baru-baru ini. WSTS melaporkan penjualan semikonduktor global meningkat 8,4 persen dari kuartal sebelumnya, dan meningkat 11,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan penjualan semikonduktor itu didorong oleh adopsi chip artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang meningkat dan menjadi bagian integral dari berbagai sektor industri. Namun, penggunaan perangkat lunak berbasis AI membutuhkan sumber daya yang besar, menyebabkan tantangan terkait bandwidth memori yang tinggi seperti dikutip Gizmochina.

Samsung, SK hynix, dan Micron mencatatkan lonjakan pendapatan yang besar, masing-masing sebesar 49 persen, 24,1 persen, dan 17,9 persen dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan kolektif dari ketiga produsen tersebut meningkat 33%. MediaTek, Qualcomm, dan NVIDIA juga mencatatkan pertumbuhan pendapatan selama periode ini, dengan lonjakan berturut-turut sebesar 17,7 persen, 14,2 persen, dan 10,4 persen.

Penjualan semikonduktor global mengalami peningkatan signifikan pada kuartal terakhir tahun 2023. Proyeksi adopsi yang semakin luas terhadap AI diperkirakan akan terus mendorong pertumbuhan penjualan semikonduktor di masa depan. NVIDIA, yang merupakan salah satu pemimpin dalam produksi chip AI, juga mengalami lonjakan besar dalam nilai sahamnya.

Baca Juga: Cegah Peretasan, Google Kenalkan Sistem Pertahanan Siber Berbasis AI

Baca Juga: Kereta Cepat Jepang Pakai Teknologi AI AMD Amankan Jaringan Rel