Find Us On Social Media :

Cisco Rilis Motific, Ini 3 Kemampuannya Percepat Implementasi Gen AI

By Liana Threestayanti, Kamis, 22 Februari 2024 | 19:30 WIB

Cisco meluncurkan layanan berbasis cloud sebagai hub terpusat bagi perusahaan untuk mengelola elemen-elemen AI generatif bernama Motific.

Cisco meluncurkan layanan berbasis cloud sebagai hub terpusat bagi perusahaan untuk mengelola elemen-elemen AI generatif (Gen AI), seperti large language model (LLM), kontrol keamanan, API, dan sebagainya. Layanan bernama Motific ini dikembangkan oleh Outshift, inkubasi bisnis Cisco. 

Cisco AI Readiness Index mengungkapkan bahwa 97% perusahaan melaporkan adanya peningkatan urgensi untuk menggunakan teknologi yang didukung artificial intelligence (AI). Namun ada berbagai tantangan yang harus mereka hadapi, seperti data yang tepercaya dan sesuai dengan use case serta kebijakan perusahaan. 

Salah satu rintangan terbesar yang dihadapi perusahaan adalah kemampuan untuk menyesuaikan aplikasi dan solusi AI generatif dengan basis pengetahuan dan sumber data yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan.

Persoalan lain adalah waktu yang harus dihabiskan perusahaan untuk menyediakan dan mengelola GenAI assistant dan API, mengintegrasikan model dari berbagai penyedia, dan mempekerjakan talenta untuk mengelola prosesnya.

Model dan product agnostic, Motific digadang-gadang Cisco daapt mendukung keseluruhan perjalanan implementasi AI generatif perusahaan, mulai dari tahap asesmen, eksperimen, hingga produksi. Apa saja yang ditawarkan Motific?

Menerapkan AI generatif dengan lebih cepat dan efektif: Motific disebut Cisco akan memangkas waktu penerapan Gen AI dari hitungan bulan ke hari, dengan kontrol kepatuhan terhadap penggunaan yang berlebihan (over usage), pengeluaran yang tak terkendali, dan integrasi sumber data spesifik milik perusahaan. Dengan beberapa klik, Motific secara otomatis mengonfigurasi Gen AI assistant, API terabstraksi, dan RAG pada sumber data di seluruh perusahaan dan foundation model dengan akurasi, biaya, keamanan, dan kontrol akses yang optimal.

Mengurangi risiko dan memastikan kepatuhan yang berkelanjutan: Motific menyediakan kontrol kebijakan bawaan yang dapat digunakan atau disesuaikan oleh perusahaan dalam hitungan hari, sehingga perusahaan dapat membuat ketentuan berdasarkan kebijakan internal mereka sendiri. Kontrol otomatis ini dirancang untuk data sensitif seperti personally identifiable information (PII), untuk keamanan seperti prompt injection dan kontrol akses, serta risiko yang berkaitan dengan kepercayaan, seperti toxicity dan halusinasi. Platform ini menawarkan kontrol untuk keamanan, data sensitif, dan kepercayaan, yang secara akurat dapat mendeteksi dan memitigasi masalah atau risiko antara input pengguna dan respons Large Language Model (LLM).

Memantau return on investment (ROI) dan insight bisnis serta mengontrol biaya: Motific memantau proses bisnis dan kecerdasan penggunaan prompt dengan ROI dan analisis biaya, termasuk jejak audit pemantauan yang terkonsolidasi dan pelacakan metrik utama dari semua permintaan pengguna. 

"Motific mempercepat waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk menggunakan dan menerapkan Gen AI dengan memitigasi risiko di awal dan membantu tim untuk berinovasi lebih cepat," Vijoy Pandey, Senior Vice President, Outshift by Cisco. Layanan ini akan tersedia secara umum pada bulan Juni 2024. 

Baca juga: Kini Perusahaan Telekomunikasi Berlomba-lomba Investasi AI Generatif