Find Us On Social Media :

Saingi MacBook Pro, Honor Bikin Komputer PC Berbasis Teknologi AI

By Adam Rizal, Sabtu, 24 Februari 2024 | 13:30 WIB

Ilustrasi (AI) Artificial Intelligence.

Saat ini integrasi AI telah menjadi tren dalam berbagai teknologi, termasuk smartphone dan komputer. Honor berusaha untuk mengikuti tren ini dengan mengembangkan PC berbasis AI untuk bisa bersaing dengan MacBook. Karena itu, Honor akan meluncurkan HP flagship terbarunya dengan sentuhan Porsche Design dan komputer PC yang berbasis teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk menantang dominasi laptop premium Apple MacBook.

Meskipun detailnya masih terbatas, Honor MagicBook 16 menjadi salah satu produk yang disebut dalam konteks ini.  Komputer PC AI Honor akan menawarkan kinerja tinggi dan fitur yang tidak biasa dalam PC konvensional. Tentunya, Honor juga akan menghadirkan spesifikasi 'monster' ke dalam komputer PC itu, mengingat komputer PC itu akan menjalankan tugas-tugas AI yang berat seperti dikutip Gizmochina.

Namun, kemungkinan pengguna harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk membeli komputer PC AI Honor tersebut karena harga komponen dan fitur-fiturnya yang mahal. Harga akan menjadi faktor penting dalam persaingan dengan MacBook, dan Honor mungkin akan menargetkan kisaran harga yang sebanding dengan standar industri. 

Kemampuan Flagship

Honor resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya Honor 80 GT di China sekaligus melengkapi varian yang sudah ada yaitu Honor 80 Pro, Honor 80 "reguler", dan Honor 80 SE (Special Edition). Honor 80 GT memiliki desain bingkai melengkung (curved frame), layar berlubang (punch hole), dan ada modul kamera persegi panjang yang cukup besar di punggungnya.

Honor 80 GT mengusung layar OLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD (1.080 x 2.400 piksel), refresh rate 120 Hz, serta tingkat kecerahan layar maksimum 1.400 nits. Honor 80 GT mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1, RAM 12 GB/16 GB dan penyimpanan media 256 GB.

HP itu mengusung baterai berkapasitas 4.800 mAh dengan dukungan fitur pengisian cepat (fast charging) 66 watt. Untuk fotografi, HP itu tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama dengan sensor Sony IMX800 beresolusi 54 MP (f/1.9), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera makro 2 MP. Untuk kamera depan, smartphone itu memiliki kamera selfie 16 MP (f/2.4) seperti dikutip GSM Arena.

Honor 80 GT menjalankan sistem operasi Android 12 dilapisi antarmuka MagicUI 7.0. Fitur-fitur lain yang dibawa Honor 80 GT meliputi pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint scanner), NFC, Bluetooth 5.2, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, sistem pendinginan vapor chamber, serta USB Type-C untuk pengisian daya dan konektor earphone. Di China, Harga Honor 80 GT (12/256 GB) - 3.299 yuan (setara Rp 7,4 juta) Harga Honor 80 GT (16/256 GB) - 3.599 yuan (setara Rp 8 juta).

Baca Juga: NVIDIA Raup 'Cuan' Banyak Berkat Laris Manisnya Jualan Chip AI

Baca Juga: Pemerintah Kaji Penggunaan Teknologi AI di Lembaga Pendidikan