Find Us On Social Media :

Hadirkan Cara Inovatif Konsumsi Berita, Super App TribunX Gandeng Tencent Cloud

By Liana Threestayanti, Selasa, 27 Februari 2024 | 13:30 WIB

Tencent Cloud, Hi Cloud, dan TribunNews, berkolaborasi mengembangkan Super App TribunX guna menghadirkan pengalaman konsumsi berita yang inovatif. (foto ilustrasi aplikasi berita)

Tencent Cloud, Hi Cloud, dan salah satu perusahaan media di Indonesia, yaitu TribunNews, berkolaborasi mengembangkan aplikasi super (Super App) TribunX guna menghadirkan pengalaman konsumsi berita yang inovatif bagi para penggunanya. 

Dalam kolaborasi ini, Tencent Cloud berperan dalam memberikan solusi inovatif untuk membangun infastruktur aplikasi yang disempurnakan.

Pengembangan TribunX Super App tak lepas dari tren yang berkembang saat ini. Menurut Gartner, pada tahun 2027 akan ada lebih dari 50% populasi di dunia yang secara rutin menggunakan super apps dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan lebih dari 1 juta unduhan, TribunX Super App menghadirkan pengalaman yang terintegrasi, memadukan konten berita dari Tribunnews dan kontribusi jejaring Tribun lainnya, termasuk dari Tribun Video, sebuah platform berita video, serta Tribun Jual Beli, sebuah platform e-commerce khusus untuk transaksi barang bekas.

Platform komprehensif ini mengintegrasikan berita terkini dengan berbagai layanan, termasuk berita global real-time, video-on-demand (VOD), laporan video langsung, layanan pemesanan tiket, dan fitur jejaring sosial bernama TribunMe, yang memungkinkan pengguna terhubung dengan tokoh-tokoh berpengaruh di Indonesia.

Dalam menghadirkan pengalaman bagi para penggunanya, TribunX memanfaatkan teknologi pemrosesan video cloud milik Tencent Cloud. Aplikasi super ini juga didukung fitur-fitur seperti Real-Time Messaging Protocol (RTMP), Adaptive Bitrate, dan Live Transcoding sehingga pengguna TribunX dapat menikmati pengalaman audio-visual berkualitas tinggi tanpa hambatan pada perangkat atau jaringan apa pun. 

Digital Rights Management (DRM) memiliki lapisan keamanan ekstra, menjadikan super app sebagai platform yang aman dan terpercaya. Sementara Global Content Delivery Network (CDN) dari Tencent Cloud digunakan untuk memastikan akses yang cepat dan andal pada konten TribunX di berbagai wilayah  sehingga dapat meningkatkan pengalaman pengguna aplikasi.

TribunX juga telah menerapkan strategi mobile-first dengan dukungan Tencent Cloud, untuk  memastikan kemudahan migrasi dan manajemen, stabilitas, keamanan, dan efektivitas biaya. Aplikasi super ini juga didukung beberapa solusi Tencent Cloud, seperti Tencent Online Video Platform (TOVP), Tencent Cloud Object Storage (COS), dan Tencent Cloud Database (DB) sehingga memungkinka pengguna aplikasi  menikmati konten-konten Tribun sekaligus menikmati fitur tambahan, seperti streaming langsung, video-on-demand (VOD), video interaktif, dan tayangan multi-screen.

“Solusi komputasi awan (cloud computing) kami, ditambah dengan komitmen Tribun terhadap berita hyperlocal dan layanan yang berpusat pada pengguna, telah menghasilkan aplikasi super inovatif yang menetapkan standar baru dalam industri media berita,”ujar.Jimmy Chen, Vice President of Tencent Cloud International and Managing Director Southeast Asia. Dengan cara ini, menurut Jimmy, masyarakat Indonesia akan selalu up-to-date dalam konsumsi berita di era digital. 

Sementara Dahlan Dahi, CEO of Tribun Network, mengatakan, “Kemitraan antara Tribun dan Tencent Cloud menandai era baru dalam distribusi berita, seiring dengan upaya kami untuk mempercepat perjalanan transformasi digital.“

Menurut Dahlan, keahlian Tencent Cloud dalam komputasi awan dan solusi media yang mutakhir memungkinkan pengembangan aplikasi super yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pengguna, tapi juga menyediakan pengalaman berita dan media yang lancar dan personal.

Baca juga: CrowdStrike: Serangan ke Cloud Melonjak 75%, Incar Data Identitas

Baca juga: Gunakan AI, Aplikasi Ini Bisa Deteksi Diabetes Lewat Suara Pasien