Find Us On Social Media :

Oppo Indonesia Bakal Luncurkan Fitur AI ini di HP Reno 11 Series

By Adam Rizal, Selasa, 27 Februari 2024 | 11:30 WIB

Oppo Reno 11 Series

Oppo Indonesia bakal meluncurkan fitur artificial intelligence Generarif (AI) atau kecerdasan buatan ke HP Oppo Reno 11 5G, Oppo Reno 11 Pro 5G, dan Oppo Reno 11 F 5G pada kuartal kedua tahun 2024, alias periode April-Juni 2024.

"Rencananya, pada kuartal kedua tahun 2024, OPPO akan meluncurkan peningkatan sistem operasi dengan menambahkan serangkaian fitur AI generatif secara global," kata Oppo Indonesia dalam siaran persnya.

Salah satu fitur AI yang ada di HP Oppo ini adalah Oppo AI Eraser. Sayang perusahaan asal China itu belum memberikan informasi lebih lanjut soal fitur-fitur AI lainnya. Oppo mengklaim kalau hadirnya fitur itu di seri Reno 11 merupakan dedikasi mereka dalam mempelopori AI serta meningkatkan aksesibilitas teknologi tersebut ke seluruh dunia.

"Dengan inovasi terus-menerus yang dihasilkan dari OPPO AI center, generasi smartphone OPPO selanjutnya akan dilengkapi dengan fitur AI yang lebih menarik," jelasnya.

Daftar HP Kebagian Galaxy AI

Samsung akan memperkenalkan fitur-fitur Galaxy AI ke lebih banyak perangkat Galaxy melalui pembaruan One UI 6.1 pada akhir Maret 2024. Daftar perangkat Samsung yang akan menerima Galaxy AI sudah diungkapkan sejak akhir Galaxy Unpacked. Berikut adalah daftar ponsel dan tablet Samsung yang akan mulai menerima Galaxy AI bulan depan:

- Galaxy S23

- Galaxy S23+

- Galaxy S23 Ultra

- Galaxy S23 FE

- Galaxy Z Fold 5

- Galaxy Z Flip 5

- Galaxy Tab S9

- Galaxy Tab S9+

- Galaxy Tab S9 Ultra

Semua fitur yang ditawarkan oleh Galaxy AI akan tersedia untuk ponsel dan tablet yang terdaftar di atas, tanpa ada fitur eksklusif hanya untuk seri Galaxy S24. Samsung mengungkapkan beberapa fitur AI terbaru yang akan hadir di perangkat Galaxy lama, termasuk Circle to Search yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian Google dengan cara melingkari objek di layar.

Fitur seperti Live Translate untuk panggilan telepon dan Interpreter untuk percakapan langsung juga akan tersedia di ponsel dan tablet Samsung lainnya. Selain itu, Samsung Notes akan dilengkapi dengan fitur Note Assist untuk merangkum dan menerjemahkan catatan. Di aplikasi Gallery, fitur Generative Edit akan menggunakan kecerdasan buatan untuk mengedit foto secara lebih cerdas, sementara fitur Wallpaper AI juga akan tersedia.

Daftar lengkap fitur Galaxy AI yang akan tersedia di perangkat Samsung lainnya termasuk Circle to Search, Live Translate, Interpreter, Chat Assist, Note Assist, Browsing Assist, Transcript Assist, Generative Edit, Edit Suggestion, dan Instant Slow-mo.

Samsung memiliki rencana ambisius untuk membawa Galaxy AI kepada lebih dari 100 juta pengguna. Layanan ini kemungkinan akan diperluas ke lebih banyak perangkat di masa mendatang. Meskipun tidak memberikan tanggal pasti, Samsung berencana untuk merilis One UI 6.1 dan Galaxy AI bersamaan dengan pembaruan keamanan bulan Maret untuk setiap perangkat yang terpilih.

Baca Juga: MWC 2024: Intel Hadirkan AI Everywhere di Seluruh Jaringan dan Edge

 Baca Juga: Alasan Perusahaan Harus Pakai Platform Edge Intel, Canggih Berbasis AI