Find Us On Social Media :

Manfaat dan Peluang Penggunaan Teknologi AI di Industri Komunikasi

By Adam Rizal, Jumat, 1 Maret 2024 | 10:35 WIB

Ilustrasi (AI) Artificial Intelligence.

Teknologi artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menjadi topik penting di dunia IT. Teknologi AI mendorong pengguna untuk terus berkembang agar tidak tertinggal dengan lainnya. Pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, secara aktif menekankan pentingnya adaptasi terhadap perkembangan teknologi ini.

Wamenkominfo Nezar Patria mengatakan pemanfaatan AI juga semakin merambah ke sektor komunikasi. Karena itu, semua lapisan masyarakat dan industri harus memiliki  pola pikir yang adaptif dan inovatif menghadapi era AI ini.

"Kegiatan komunikasi menjadi salah satu sektor yang berpotensi mengoptimalkan pemanfaatan AI. Oleh karena itu saya mengajak untuk memiliki mindset  yang adaptif dan inovatif," ungkapnya di Jakarta belum lama ini.

Data dari PRovoke Media tahun 2023 menunjukkan bahwa sebagian besar pekerja di bidang komunikasi global telah memanfaatkan Generative AI dalam pekerjaan mereka.

Tak hanya itu, pemanfaatan AI dalam industri komunikasi membuka berbagai peluang baru, seperti penggunaan chatbots dan virtual assistant untuk respons real-time kepada konsumen, penyampaian informasi yang dipersonalisasi sesuai dengan preferensi audiens, dan deteksi potensi krisis beserta penanganannya.

"AI memberikan manfaat luar biasa di sektor komunikasi. Contohnya, ChatGPT telah menjadi alat pencarian inspirasi dan generative AI membantu dalam membuat konten di media sosial dan artikel, serta membantu dalam pemantauan media," katanya.

Namun demikian, perlu juga kewaspadaan terhadap penyebaran disinformasi dan risiko keamanan data pelanggan akibat personalisasi berita oleh AI. Oleh karena itu, adaptasi terhadap pola pikir yang adaptif dan inovatif menjadi sangat penting dalam menyambut era AI ini.

"Kita juga perlu waspada akan potensi penyebaran disinformasi di media, hingga risiko keamanan data pelanggan akibat personalisasi berita sebagai hasil pengolahan data pelanggan secara masif oleh AI," tandas Nezar.

Baca Juga: Pakai Teknologi AI, Ini Kemampuan Kacamata Pintar Oppo Air Glass 3

 Baca Juga: Google Bakal Hadirkan AI Gemini ke Setiap HP Android Tahun Depan