Find Us On Social Media :

Meski Tertinggal, Apple Akan Hadirkan Teknologi AI Generatif Tahun Ini

By Adam Rizal, Senin, 4 Maret 2024 | 10:30 WIB

Tim Cook

CEO Apple Tim Cook berjanji Apple akan menghadirkan teknologi AI generatif pada tahun ini. Hal itu disampaikan Cook saat berbicara pada pertemuan tahunan dengan para investor Apple. Cook mengatakan Apple pasti mengembangkan teknologi AI generatif dan akan menghadirkannya ke pasar pada tahun ini. Teknologi AI memiliki potensi besar membuka peluang transformatif bagi pengguna dalam bidang produktivitas, pemecahan masalah, dan bidang lainnya.

"Teknologi AI generatif memiliki potensi yang besar dan Apple akan melakukan investasi besar-besaran di sektor ini," katanya seperti dikutip Reuters.

Meskipun tertinggal dibandingkan dengan beberapa perusahaan teknologi lainnya, seperti Microsoft dengan kerjasamanya bersama OpenAI, dan Google melalui Gemini, Apple diyakini akan membawa pendekatan yang menyeluruh. 

Cook mengungkapkan Apple telah lama menggarap AI dengan harapan menghadirkan teknologi AI generatif yang lebih holistik dan memanfaatkan keunggulan mereka dalam aspek software dan hardware, termasuk chip khusus Apple Silicon yang didesain sesuai kebutuhan mereka.

Cook juga menekankan bahwa setiap Mac yang didukung oleh Apple Silicon merupakan mesin AI yang sangat kuat, bahkan dianggap sebagai yang terbaik di pasaran saat ini untuk keperluan AI. Sebelumnya, laporan Bloomberg juga mengindikasikan bahwa Apple berencana untuk memanfaatkan AI guna meningkatkan kemampuan pencarian data yang tersimpan di perangkat-perangkat Apple.

"Setiap Mac yang ditenagai Apple Silicon adalah mesin AI yang sangat mumpuni. Bahkan, tak ada komputer untuk keperluan AI yang lebih bagus (dari Mac) di pasaran saat ini," kata Cook.

Tingkat Kemampuan Neural Engine

Apple iPhone 15 Pro Max (Apple)

Apple akan meningkatkan kemampuan neural engine iPhone 16 dan fitur AI generatif pada iOS 18. Rencananya, Apple akan meluncurkan fitur-fitur AI itu dalam ajang WWDC 2024 pada Juni dan akan tersedia bersamaan dengan peluncuran iPhone 16 Series pada September.

Tentunya, Apple akan menambahkan jumlah core supaya kemampuan Neural Engine iPhone 16 series lebih canggih lagi dan mampu menjalan tugas AI yang generatif. Apple harus menjawab keraguan para investor dan pengguna yang kecewa dan ragu bahwa Apple dapat menghadirkan inovasi AI keren di dalam iPhone series.

Apple harus mengejar Samsung yang telah menghadirkan fitur Galaxy AI pada Galaxy S24 series. Sebagai perbandingan, di Galaxy S24 Series saja, pemrosesan AI-nya diklaim meningkat hingga 14 kali dibandingkan generasi sebelumnya. Karena itu, Apple harus meningkatkan kemampuan chipset terbarunya A18 dengan kehadiran Neural Engine yang lebih powerful seperti dikutip GSM Arena.

Peningkatan itu sangat penting karena Neural Processing Unit (NPU) yang secara khusus mengelola pemrosesan AI, memberikan performa yang lebih powerful dibandingkan dengan membebankannya pada CPU dan GPU. Apple juga berencana untuk meningkatkan penggunaan Neural Engine di chip M series untuk MacBook berikutnya.

Selain itu, Apple juga mengembangkan model generative AI kustom seperti Keyframer, serta berupaya meningkatkan Siri dengan teknologi generative AI untuk memahami konteks pertanyaan lebih baik. Dengan demikian, iPhone generasi mendatang diharapkan dapat memberikan pengalaman AI yang lebih maju kepada penggunanya. Mungkin saja ada versi baru Siri, sebagai salah satu fitur yang diharapkan benar-benar “pintar”.

Baca Juga: Bantu Distribusi Beban Kerja, MediaTek Kenalkan Ambient Computing AI

Baca Juga: Qualcomm AI Hub Bantu Pengembang Ciptakan Aplikasi AI Generatif