Find Us On Social Media :

Microsoft Luncurkan Copilot AI Versi Finance, Ini Kemampuannya

By Adam Rizal, Senin, 4 Maret 2024 | 11:30 WIB

Microsoft AI Copilot

Microsoft memperkenalkan Copilot AI versi finance, sebuah platform artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang mampu menangani berbagai tugas yang biasanya dilakukan oleh pegawai di bidang keuangan. Copilot AI versi finance dapat melakukan analisis varians, rekonsiliasi data di Excel, serta mempercepat proses penagihan melalui Outlook. Selain itu, software itu dapat mengambil informasi dari SAP dan Microsoft Dynamics 365.

Charles Lamanna (VP di Microsoft) mengatakan Microsoft berkomitmen mendukung setiap departemen dengan Copilot, menyediakan alat yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

"Kini copilot AI versi finance tersedia untuk berbagai fungsi umum dalam aplikasi Office, serta untuk tim penjualan dan layanan pelanggan. Kecepatan dan efisiensi dalam proses keuangan merupakan salah satu hal yang mereka tawarkan kepada CFO dan departemen keuangan perusahaan," ujarnya.

Fitur keuangan Copilot akan segera hadir dalam waktu dekat meskipun Microsoft belum mengumumkan harga langganannya. Dentsu, sebuah agensi iklan Jepang, menjadi salah satu perusahaan pertama yang menggunakan Copilot untuk berbagai pekerjaan keuangan. Feedback dari Departemen Keuangan Dentsu digunakan untuk mengembangkan Copilot versi keuangan.

Cory Hrncirik, seorang pegawai Microsoft di bidang keuangan, menyatakan bahwa waktu yang banyak dihabiskan tim keuangan untuk rekonsiliasi data keuangan dapat diminimalisir dengan Copilot, dari 1-2 jam menjadi hanya 10-20 menit setiap pekan.

"Copilot AI ini mampu membantu pegawai dengan menangani tugas-tugas yang rutin, sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu untuk tugas-tugas lainnya. Penggunaan sistem automasi Copilot dapat mempercepat penyelesaian pekerjaan rutin seperti menutup buku," katanya.

"Ada lebih dari 2.000 orang yang bekerja di tim perencanaan keuangan dan analisis biasanya menghabiskan 1-2 jam melakukan rekonsiliasi data keuangan. Dengan Copilot, waktu yang dihabiskan untuk rekonsiliasi keuangan hanya 10 menit hingga 20 menit setiap pekan," ujarnya.

Baca Juga: Bantu Distribusi Beban Kerja, MediaTek Kenalkan Ambient Computing AI

 Baca Juga: Meski Tertinggal, Apple Akan Hadirkan Teknologi AI Generatif Tahun Ini