Find Us On Social Media :

AMIKOM Jadi Kampus Pertama yang Mengaplikasikan AMD Ryzen 7000 Series

By Dayu Akbar, Selasa, 5 Maret 2024 | 07:00 WIB

Arief Setyanto, S.Si., MT, Ph.D.; Wakil Rektor 4 Bagian Kerjasama Nasional dan International dari Universitas AMIKOM dan Brando Lubis selaku Commercial Lead AMD Indonesia

AMD menggelar acara berbasis teknologi yang diselenggarakan di Universitas AMIKOM Yogyakarta. Pihak AMD menyebutkan bahwa hal ini sebagai bagian dari komitmen mereka untuk turut serta berpartisipasi mendukung kualitas dari lulusan sumber daya manusia untuk mampu bersaing di tengah gempuran persaingan yang ketat saat ini. Universitas AMIKOM Yogyakarta sendiri menyambut baik gelaran acara tersebut karena sebelumnya mereka telah menerapkan teknologi AMD di dalam lingkungan kampus. Acara teknologi AMD hari ini di hadiri oleh Brando Lubis selaku Commercial Lead AMD Indonesia dan Arief Setyanto, S.Si., MT, Ph.D.; Wakil Rektor 4 Bagian Kerjasama Nasional dan International dari Universitas AMIKOM, Yogyakarta. Diharapkan nantinya, melalui kerjasama yang terjalin, para lulusan TI (Teknologi Informasi) lebih siap terjun langsung dengan memberikan kontribusi nyata di masyarakat. Kerjasama Universitas AMIKOM Yogyakarta dengan AMD sendiri sudah dimulai sejak tahun 2018. Saat itu, AMIKOM sudah menggunakan solusi PC Desktop bertenaga AMD Ryzen dengan standar PC yang digunakan untuk lab minimal prosesor AMD Ryzen 7, dan sebagian lainnya menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 dan Threadripper. Hingga kini, total lebih dari 500 PC dari berbagai lab bertenaga prosesor AMD.

Universitas AMIKOM, Yogyakarta menjadi Universitas pertama yang mengaplikasikan AMD Ryzen 7000 series terbaru.

Dan kini, Universitas AMIKOM Yogyakarta menjadi universitas pertama yang telah mengaplikasikan AMD Ryzen 7000 series terbaru, dengan platform AM5, fabrikasi 5nm, dan menggunakan memory DDR5. Berbekal teknologi dari AMD, AMIKOM telah berhasil menciptakan beberapa karya yang cukup membanggakan, salah satunya film animasi 3D berjudul The Battle of Surabaya yang berhasil meraih penghargaan di berbagai festival film internasional.Brando Lubis, Commercial Lead AMD Indonesia menyampaikan bahwa AMD Indonesia mendukung penuh peningkatan kualitas Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer di Indonesia khususnya implementasi teknologi yang sejalan dengan komitmen AMD untuk terus berinovasi sehingga mampu mewujudkan sumber daya yang handal dibidangnya. Tentu hal tersebut memerlukan dukungan banyak pihak dimana salah satu nya menggandeng Universitas AMIKOM, Yogyakarta yang diharapkan dapat menjadi salah satu kampus terapan bagi kampus-kampus atau sekolah lain yang menekuni bidang Teknologi Informasi.