Find Us On Social Media :

Headset Bose Ultra Open Earbuds Segera Hadir, Ini Kelebihannya

By Cakrawala Gintings, Selasa, 12 Maret 2024 | 15:00 WIB

Andre Gunawan (CEO of PT Prima Audio Indonesia; kelima dari kiri) beberapa hari lalu di Jakarta berfoto bersama para stakeholder lain sembari menampilkan Bose Ultra Open Earbuds yang segera hadir di pasar Indonesia.

Bose belum lama ini di Jakarta memastikan bahwa headset Ultra Open Earbuds andalannya segera meluncur di Indonesia. Merupakan headset TWS (true wireless stereo) dengan form factor open-ear, Bose Ultra Open Earbuds membolehkan suara sekitar lebih terdengar dibandingkan aneka headset TWS dengan form factor in-ear yang lazim tersedia di pasar tanah air. Pasalnya, headset TWS open-ear tidak dimasukkan ke lubang telinga seperti yang in-ear sehingga tidak menutup lubang telinga tersebut. Alhasil, Bose Ultra Open Earbuds cocok digunakan saat pengguna tetap butuh mendengar suara sekitar.

Selain kelebihan itu, Bose mengeklaim Ultra Open Earbuds nyaman dipakai dan relatif tetap kukuh pada tempatnya dalam waktu lama, meskipun pengguna banyak bergerak maupun bergoyang. Bose Ultra Open Earbuds memanfaatkan sistem clip-on dengan teknologi Flex band. Bose menambahkan bahwa Ultra Open Earbuds “memeluk” daun telinga secara fleksibel dan stabil plus memiliki bobot yang ringan. Bose Ultra Open Earbuds antara lain cocok digunakan saat pengguna melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan, menunggu panggilan di dalam ruangan, dan melakukan olahraga di dalam ruangan.

“Ketika saya pakai TWS, problemnya adalah saya itu seolah-olah terpisah dari dunia luar, benar gak? Pada saat saya bekerja, saya sukanya itu di depan komputer sambil dengerin musik. Setiap kali tim saya mau ngobrol ma saya, pasti berasa canggung karena 'oh lagi pakai headphone', karena mereka tahu saya mesti copot headphone saya dulu. Nah, pada hari ini saya pingin memperkenalkan produk Bose yang terakhir untuk menjawab semua problema ini. Memperkenalkan, ini adalah Bose Ultra Open Earbuds,” ujar Andre Gunawan (CEO of PT Prima Audio Indonesia — distributor resmi Bose di Indonesia).

Tak hanya Flex band yang fleksibel, beberapa fitur lain turut dikedepankan Bose pada headset TWS open-ear-nya ini. Bose antara lain mengedepankan Auto Volume, IPX4, Immersive Audio, dan OpenAudio pada Ultra Open Earbuds yang ditargetkan akan mulai tersedia di pasar Indonesia pada akhir bulan Maret 2024. Adapun pilihan warna yang akan tersedia adalah hitam dan asap putih.

Bose Ultra Open Earbuds merupakan headset TWS open-ear dengan baterai yang diklaim bisa bertahan sampai 7,5 jam pemakaian. Case-nya sendiri mengandung baterai yang diklaim bisa memberikan tambahan 19,5 jam.

Auto Volume merujuk pada kemampuan Bose Ultra Open Earbuds untuk menaikkan maupun menurunkan volume dari suara yang direproduksi sesuai dengan suara sekitar. Dengan Auto Volume, Bose Ultra Open Earbuds bisa menaikkan volume suara yang direproduksi secara otomatis tatkala suara sekitar bertambah volumenya. Begitu pula sebaliknaya, Bose Ultra Open Earbuds bisa menurunkan volume suara yang direproduksi secara otomatis tatkala suara sekitar berkurang volumenya.

IPX4 tentunya menyatakan bahwa Bose Ultra Open Earbuds tahan cipratan air. Sejalan dengan itu, Bose juga mengeklaim Ultra Open Earbuds tahan keringat. Seperti telah disebutkan, Bose Ultra Open Earbuds cocok digunakan saat berolahraga. Fitur tahan keringat sedikit banyak menegaskan hal tersebut.

Immersive Audio merupakan fitur yang diklaim bisa memberikan kesan bahwa suara yang direproduksi Bose Ultra Open Earbuds berasal dari ruangan yang ada di sekitar dan bukannya dari headset bersangkutan. Sementara, teknologi OpenAudio merujuk pada teknologi yang diklaim bisa memberikan suara yang privat dalam artian suara yang direproduksi Bose Ultra Open Earbuds tidak akan terdengar oleh pihak lain dalam batasan tertentu.

InfoKomputer pun berkesempatan mencoba sejenak Bose Ultra Open Earbuds. Saat dicoba, headset TWS open-ear ini terasa nyaman dipakai plus relatif kukuh pada tempatnya meski banyak bergoyang. Suara sekitar terdengar jelas dan InfoKomputer bisa berbincang secara mudah dengan pihak lain. Begitu pula suara yang dihasilkan: musik yang direproduksi terdengar jelas. Namun, volume yang terlampau tinggi dari suara yang dihasilkan akan mengurangi kemudahan mendengar suara sekitar dan berbincang. Adapun untuk kualitas suara yang dihasilkan, diperlukan waktu lebih lama untuk bisa menilainya.

Tidak menutup lubang telinga, Bose Ultra Open Earbuds membolehkan suara sekitar lebih terdengar dibandingkan headset TWS ber-form factor in-ear.