Find Us On Social Media :

Spotify Hadirkan Fitur Video Musik di Indonesia, Ini Cara Mengaksesnya

By Adam Rizal, Kamis, 14 Maret 2024 | 11:30 WIB

Ilustrasi Aplikasi Spotify.

Spotify sebagai aplikasi streaming musik memperkenalkan fitur video musik di platformnya. Fitur video musik itu diluncurkan secara beta di 11 negara, termasuk Indonesia, di mana Spotify memilih pasar tersebut berdasarkan beberapa kriteria termasuk ukuran pasar dan ketersediaan dukungan konten lokal.

Meskipun katalog musik dengan video masih terbatas, Spotify telah memperoleh hak distribusi untuk menambahkan lebih banyak video di masa mendatang. Fitur itu memungkinkan pengguna untuk menonton video tanpa iklan, karena video-video tersebut di-hosting langsung oleh Spotify.

"Untuk peluncuran beta ini, kami memilih pasar tersebut berdasarkan sejumlah kriteria termasuk ukuran pasar dan ketersediaan dukungan konten lokal," kata Global Head of Consumer Experience Sten Garmark, seperti dikutip dari TechCrunch.

Fitur video musik dapat diakses melalui layar Now Playing di lagu yang didukung, di mana pengguna dapat dengan mudah beralih antara audio dan video. Pengguna juga dapat memutar orientasi ponsel untuk menonton video secara full-screen, dan kembali ke mode audio dengan mengetuk ikon yang sesuai.

"Dalam peluncuran beta awal, kami memulai dengan subset terbatas dari katalog lengkap, yang berisi ribuan video musik. Dalam subset ini, kami bertujuan untuk memprioritaskan berbagai genre dan artis di pasar peluncuran kami," kata Garmark.

Fitur musik video itu tersedia di aplikasi Spotify untuk berbagai platform seperti Android, iOS, desktop, dan TV, namun hanya untuk pelanggan Premium. Pengguna yang menggunakan versi gratis dapat tetap menikmati video musik dari penyanyi favorit mereka melalui YouTube.

Baca Juga: ChatGPT Wajib Waspada!, Chatbot AI Grok Bakal Dibuka untuk Umum

 Baca Juga: India Siapkan Rp19.3 Triliun Bangun Infrastruktur dan SDM AI