Find Us On Social Media :

Chatbot AI Meta Sukses Jadi Konsultan Bedah Otak di Hong Kong

By Adam Rizal, Jumat, 15 Maret 2024 | 11:00 WIB

Ilustrasi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di bidang AI

Rumah sakit di Hong Kong menggunakan  chatbot AI milik Meta untuk menjadi konsultan bedah otak. Chatbot AI itu sendiri dikembangkan oleh Chinese Academy of Sciences yang menggunakan Llama 2.0 milik Meta, induk dari Facebook.

Direktur Eksekutif Pusat Chinese Academy of Sciences Liu Hongbin mengatakan saat ini para peneliti sedang melatih dan menyempurnakan model AI itu dengan memanfaatkan makalah, jurnal medis, dan manual untuk memberikan konsultasi bedah kepada dokter. Saat ini Chatbot AI itu sudah diuji coba di tujuh rumah sakit di Beijing, China, dan beberapa kota lainnya selama beberapa bulan ke depan. 

"Teknologi AI ini memiliki potensi untuk merevolusi industri kesehatan global," katanya.

Para peneliti berharap bahwa bot AI CARES Copilot 1.0 akan mampu memberikan jawaban dengan mengutip catatan akademis.m dan mengolah data diagnostik seperti MRI, USG, atau CT scan, serta gambar, teks, dan audio. 

"Bot AI ini akan mampu memberi peringatan kepada dokter untuk menghindari prosedur yang berisiko," ujarnya.

Kepala Dokter Departemen Bedah di RS Peking Union Medical Collage, Feng Ming, menyatakan mengatakan penelitian itu sedikit terhambat karena keterbatasan daya komputasi, terutama setelah pembelian chip Nvidia dilarang di China. 

"Kami menggunakan lebih banyak data berkualitas tinggi dari rumah sakit terkemuka di daratan China yang tidak tersedia untuk OpenAI dan banyak perusahaan swasta domestik lainnya," ujarnya.

Di sisi lain, Pusat Kecerdasan Buatan dan Robotika yang berbasis di Hong Kong juga sedang menggunakan sekitar 100 unit prosesor grafis untuk melatih model yang fokus pada layanan kesehatan dan mempelajari dua jenis chip secara bersamaan, yaitu chip A100 dari Nvidia Corp. dan Ascend 910B dari Huawei Technologies Co.

Baca Juga: RUU Disahkan, Platform TikTok Terancam Diblokir Permanen di AS

 Baca Juga: Apple Bakal Hadirkan Tombol Khusus Fitur AI di iPhone 16 Pro Series