Find Us On Social Media :

Pikachu’s Indonesia Journey, Penjualan Tiket Pokemon GO Melonjak

By Cakrawala Gintings, Jumat, 15 Maret 2024 | 17:00 WIB

Telah berlangsung pada awal Maret lalu, event Pikachu’s Indonesia Journey di Bali diklaim berhasil membikin penjualan tiket in-game Pokemon GO melonjak.

Hadir di Indonesia pada tahun 2024 ini, Pikachu’s Indonesia Journey akan menyelenggarakan event tertentu setidaknya di empat daerah di tanah air. Seperti yang disampaikan di sini, daerah pertama tempat penyelenggaraan event tersebut adalah Bali. Telah berlangsung pada tanggal 2 dan 3 Maret 2024 lalu, event yang berpusat di kawasan Lapangan Puputan Niti Mandala, Denpasar — Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar — itu diklaim berhasil membuat penjualan tiket Pokemon GO melonjak. Hal bersangkutan dikatakan Niantic via rilis belum lama ini.

Terdapat berbagai keseruan yang dihadirkan Pikachu’s Indonesia Journey di Bali untuk Pokémon GO dan banyak yang bisa dinikmati para Pelatih — pemain Pokémon GO — secara gratis. Namun, terdapat tiket in-game seharga Rp150.000 yang memberikan beberapa keseruan tambahan. Niantic menyebutkan event di Bali tersebut membuat penjualan tiket in-game Pokémon GO melonjak hingga melebihi target. Niantic mengeklaim penjualan tiket in-game bersangkutan mencapai 130% dari target semula. Menariknya lagi, sebanyak 90% pembeli merupakan Pelatih mancanegara.

“Pikachu's Indonesia Journey berhasil menyatukan elemen budaya Indonesia, terutama motif batik, dengan dunia Pokémon. Melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan dampak positif yang signifikan pada pariwisata Indonesia sekaligus memperkuat keberadaan Pokémon GO di Indonesia,” kata Refael Siregar (APAC Lead of Emerging Market Niantic, Inc.). 

“Kami berharap kehadiran Pikachu's Indonesia Journey dapat menumbuhkan dan mendorong sektor pariwisata Indonesia. Ekosistem yang kuat antara The Pokémon Company, Pokémon GO, AKG, Garuda Indonesia, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuka peluang besar bagi pengembangan destinasi pariwisata di negara ini. Kolaborasi ini tidak hanya memberikan pengalaman unik kepada para pelatih Pokémon GO, tetapi juga menciptakan sinergi positif dengan upaya mengoptimalkan potensi ekonomi kreatif dan pariwisata,” tambahnya.

Tak hanya lokal, Pelatih Pokémon GO mancanegara juga hadir mengikuti event Pikachu’s Indonesia Journey di Bali.

Pikachu’s Indonesia Journey memang diharapkan bisa membantu orang-orang menemukan beragam daya tarik Indonesia. Salah satunya via kehadiran Pikachu dengan pakaian berciri Indonesia: batik. Tidak hanya hadir secara fisik pada event yang dilaksanakan, Pikachu berkemeja batik pun hadir di gim Pokémon GO. Para Pelatih Pokémon GO tidak hanya bisa menangkap Pikachu dengan kemeja batik di tempat event berpusat, melainkan di seantero Bali. Tidak diperlukan juga tiket in-game untuk menangkapnya.

Sementara, selain kehadiran Pikachu berkemeja batik secara fisik, pada event Pikachu’s Indonesia Journey di Bali turut diselenggarakan antara lain Pokémon Run, Pikachu Splash Show, Pikachu Meet and Greet, serta penampilan spesial Pikachu dan JKT48. Sejalan dengan pembelian tiket in-game Pokémon GO, banyak turis mancanegara pula yang hadir menikmati event di Bali ini.

“Kami sangat antusias menyambut seluruh penggemar Pokémon di Indonesia untuk Pikachu's Indonesia Journey ini. Kami berharap dapat berbagi kegembiraan dengan masyarakat Bali dan menciptakan momen tak terlupakan bersama Pokémon,” pungkas Susumu Fukunaga (Corporate Officer Asia Business Division of The Pokémon Company).