Find Us On Social Media :

Microsoft Gratiskan AI Copilot GPT-4 Turbo, Ini Cara Mengaksesnya

By Adam Rizal, Sabtu, 16 Maret 2024 | 11:30 WIB

GPT 4 Turbo

Microsoft membuka akses model bahasa besar (LLMs) AI canggih AI Copilot GPT-4 Turbo kepada semua pengguna secara gratis. Sebelumnya, pelanggan harus membayar USD20 atau Rp312 ribu per bulan untuk mengakses GPT-4 Turbo. "GPT-4 Turbo akan menggantikan model standar GPT-4 di versi gratis Copilot," kata CEO Advertising and Web Services Microsoft, Mikhail Parakhin.

Model AI GPT-4 Turbo memiliki kemampuan yang mirip dengan GPT-4, tetapi menggunakan data hingga April 2023, yang membuatnya lebih cerdas dan terkini dalam memberikan jawaban dan informasi. Selain itu, GPT-4 Turbo mampu mengolah teks hingga 128.000 token atau setara dengan 300 lembar teks, bahkan dapat merangkum satu buku. 

Untuk mengakses GPT-4 Turbo, pengguna bisa langsung membuka layanan AI milik Microsoft, Copilot melalui berbagai platform (situs web, Windows PC, aplikasi Android atau iOS, dan lain sebagainya). Pengguna juga dapat mengakses GPT-4 Turbo melalui berbagai platform Copilot dan memilih mode "Creative" atau "Precise". Meskipun alasan Microsoft membebaskan akses ke GPT-4 Turbo belum jelas, ada rumor bahwa mereka sedang mengembangkan GPT-4.5 Turbo. 

Belum jelas apa alasan Microsoft membuka akses GPT-4 Turbo ke pengguna gratisan. Namun menurut rumor yang beredar, Microsoft kini tengah menggodok GPT-4.5 Turbo yang pastinya akan lebih mumpuni dari GPT-4 Turbo. Layanan Copilot Pro memberikan akses prioritas ke GPT-4 Turbo, sementara pengguna "reguler" hanya dapat mengaksesnya saat sedang sepi. 

Selain akses prioritas GPT-4 Turbo, pelanggan Copilot Pro juga akan bisa mengakses layanan Copilot di beberapa aplikasi Microsoft seperti Microsoft 365, menggunakan alat edit gambar berbasis AI dengan pemrosesan lebih cepat, dan lain sebagainya.

Baca Juga: RUU Disahkan, Platform TikTok Terancam Diblokir Permanen di AS

 Baca Juga: Chatbot AI Meta Sukses Jadi Konsultan Bedah Otak di Hong Kong