Find Us On Social Media :

Nih! Daftar Situs Film Legal Cocok Menemani Waktu Berbuka Puasa

By Adam Rizal, Minggu, 17 Maret 2024 | 15:30 WIB

Ilustrasi Menonton Konten Streaming.

Saat ini menonton film melalui situs streaming online menjadi pilihan masyarakat untuk menghabiskan waktu dan menunggu waktu berbuka puasa. Apalagi, layanan streaming film saat ini menawarkan kemudahan dengan beragam pilihan dan kelengkapan film.

Tentunya, Anda tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke bioskop untuk menonton film melalui situs tersebut. Ya, cukup dengan membuka handphone atau laptop, Anda sudah bisa nonton film secara online.

Namun, jangan sampai keliru menontonnya di situs streaming film ilegal karena hal itu dapat menyuburkan praktik pembajakan film di Indonesia. Selain itu, Kominfo sudah memblokir situs streaming online ilegal, seperti halnya IndoXXI, Nonton Movie, Juragan Film, LK21 atau Layar Kaca 21, Gudangfilm, CinemaIndo, dan sejenisnya.

Ada tiga alasan utama Anda harus menonton film streaming legal yaitu menonton lebih nyaman karena bisa lintas platform. Kedua, kualitas film yang ditawarkan sangat bagus dan ada opsi untuk download film untuk ditonton secara offline. Ketiga, Anda juga mendukung dan menghargai para sineas film nasional dan internasional untuk terus berkarya.

Saat ini, sudah banyak situs nonton film streaming online legal. Berikut daftar situs streaming film legal untuk menunggu berbuka puasa:

1. Disney Plus Hotstar

Disney Plus

Disney Plus Hotstar merupakan jenis layanan streaming yang dikeluarkan oleh Disney. Layanan itu bisa ditonton mulai dari handphone, desktop, hingga Smart TV berbasis Android.

Disney Plus Hotstar menghadirkan berbagai film yang diproduksi Disney, Pixar, serta Marvel. Layanan streaming ini menawarkan dua pilihan harga langganan. Harga pertama, Disney Plus Hotstar menawarkan Rp39.000/bulan. Sementara untuk penawaran kedua, tak tanggung-tanggung Disney Plus Hotstar menawarkan harga Rp199.000/tahun. Bagi Anda pelanggan Telkomsel, terdapat paket Disney Plus Hotstar dan Kuota 33 gigabyte yang dibanderol seharga Rp20.000 untuk satu bulan.

2. Netflix

Netflix menambahkan opsi menu baru.

Netflix jadi rekomendasi pertama kami. Layanan streaming film ini begitu digemari oleh masyarakat dunia yang doyan nonton film-film terbaru dengan beragam genre dan dari berbagai negara.

Mulai dari genre Action, Romance, Comedy, Horor, dan juga film Drama Korea terbaru yang sedang ngehits. Selain menyajikan beragam film dan serial, Netflix juga memiliki konten film original dan terbaik yang menarik untuk disaksikan. Paling asyik, terdapat pula subtitle bahasa Indonesia di hampir setiap film maupun serial yang ditayangkan di Netflix.

Bukan hanya serial film dan dokumenter, Netflix juga menawarkan berbagai macam kategori seperti film, anime, film original Netflix, hingga drama Korea atau drakor. Apabila Anda tertarik menggunakan Netflix, berikut rincikan pembiayaan untuk berlangganan di Netflix:

a. Paket Mobile, berlaku untuk 1 gadget (smartphone atau tablet) Rp54.000/bulan

b. Paket Basic, berlaku untuk 1 gadget (smartphone/tablet/laptop) Rp 120.000/bulan

c. Standard, berlaku untuk 2 gadget (smartphone/tablet/laptop) Rp153.000/bulan

d. Premium, berlaku untuk 4 gadget (smartphone/tablet/laptop) Rp186.000/bulan

3. VIU

Ilustrasi Viu

Layanan streaming berikutnya adalah Viu. Layanan ini populer karena menghadirkan banyak tayangan drama Korea di dalamnya. Namun, bukan hanya drama Korea saja melainkan terdapat drama Jepang, drama Asia, variety show Korea, hingga dokumenter.

Viu menawarkan dua paket tontonan, yaitu paket dasar dan paket premium. Dengan paket dasar, Anda sudah bisa menikmati dan mengunduh semua konten yang disediakan secara gratis di Viu.

Hampir 70 persen konten yang disediakan sudah bisa diakses siapa saja tanpa harus mendaftar atau berlangganan. Sementara untuk paket premium, kamu bisa menikmati dan mengunduh semua konten yang ada di dalam aplikasi Viu.

Dengan syarat, kamu harus berlangganan terlebih dahulu agar bisa mengakses konten premium. Tetapi jangan khawatir, Viu juga menyediakan masa uji percobaan gratis selama 30 hari dan selanjutnya Anda cukup membayar Rp30.000/bulan. Apabila Anda sudah membayar biaya langganan tersebut, maka satu akun Viu bisa dipakai maksimal hingga lima perangkat secara bersamaan.

4. Mola TV

Mola TV merupakan platform streaming yang dapat mengakses berbagai konten di sana. Mola TV tidak terbatas pada pertandingan olahraga namun juga berbagai jenis film, baik film lepas ataupun serial dalam bentuk live dan on-demand.

Berikut biaya untuk berlangganan Mola TV:

a. Paket Film Mudik untuk 1 pengguna Rp17.000/24 jam

b. Paket Movies & Kids masing-masing untuk 2 pengguna Rp12.500/bulan hingga Rp50.000/tahun.

c. Paket Premium Entertainment (Mola + HBO GO) masing-masing untuk 1 pengguna Rp 65.000/bulan dan Rp500.000/tahun

d. Paket Mola Polytron Streaming untuk 1 pengguna Rp1.198.000 gratis 12 bulan 5. Bioskoponline.com Bioskoponline.com merupakan situs streaming film terbaru dan tentunya legal.

Apabila Anda ingin melakukan streaming film di bioskoponline.com, maka terlebih dahulu Anda harus membayar film tersebut. Namun jangan khawatir, harga yang ditawarkan di situs ini bervariasi, mulai sebesar Rp5.000/film.

5. Crackle

Situs menonton film streaming legal pertama yaitu Crackle. Situs ini dikelola oleh Sony Pictures. Pengelola tidak hanya menyajikan jajaran film tetapi penonton juga dapat menonton serial televisi bergenre situasi komedi. Namun, situs ini tidak bisa diakses di Indonesia sehingga memerlukan bantuan VPN.

6. Genflix

Bagi Anda yang punya budget pas-pasan, Genflix bisa jadi pilihan, karena platform streaming film ini menawarkan biaya layanan yang relatif lebih terjangkau dibanding pesaingnya. Genflix bisa Anda download lewat Google Play Store bagi pengguna Android dengan nama Genflix 2.0, dan juga di Apps Store bagi pengguna iOS. Atau bisa juga mengunjungi situs genflix.co.id.

Ada beberapa paket yang bisa Anda pilih. Genfilx menawarkan biaya berlangganan mulai dari Rp5.000 untuk langganan selama 1 hari, Rp10.000 untuk langganan 3 hari, dan Rp25.000 untuk berlangganan selama seminggu alias 7 hari.

Sementara bagi Anda yang ingin mengambil paket berlangganan selama 1 bulan, harga yang ditawarkan Rp49.000. Selain paket regular tadi, Anda juga bisa memilih paket lainnya, seperti paket Esports Minipack dan Film Pendek Kolektif Minipack.

Lalu, bagaimana cara pembayarannya? Genflix menyediakan sistem pembayaran lewat beberapa cara. Bisa menggunakan voucer GooglePlay, Doku, Internet Banking BCA, Mandiri, Bank Sinarmas, GoPay, atau lewat pemotongan pulsa.

Nah bicara soal konten filmnya, Genflix tergolong memiliki inventory yang minim. Jika dilihat, layanan streaming film ini hanya memiliki segelintir film yang masuk kategori ngehits. Genflix bisa Anda nikmati di perangkat Android dan juga iOS.

7. GoPlay

Ilustrasi GoPlay

Platform buatan Gojek ini menghadirkan beragam film-film Indonesia, dan juga memproduksi konten original. Salah satu konten terbaru yang baru diluncurkan adalah GoPlay Live, yakni nonton konser online.

Untuk menikmati semua layanannya, GoPlay mengenakan biaya berlangganan mulai dari harga Rp49 ribu. Menariknya, Anda bisa mendapat potongan harga berlangganan plus bonus voucher Go-Food. Layanan ini bisa Anda nikmati di perangkat Android dan iOS.

8. Hulu

Disney Resmi Akuisisi Layanan Video

Situs streaming nonton film legal ini menyediakan banyak koleksi film dengan kualitas HD, hanya saja tidak semua film bisa Anda unduh dan ditonton secara gratis. Anda mesti berlangganan tetapi Anda masih bisa mengaksesnya secara gratis dengan konsekuensi konten-konten yang ada di Hulu akan dibatasi. Hulu juga memiliki ratusan judul anime bersama dengan ratusan judul film maupun series TV sama seperti Netflix. Beberapa judul anime jadul yang bisa kalian tonton di Hulu di antaranya K-On, Attack on Titan, Fullmetal Alchemist, Death Note, Naruto, Gundam dan masih banyak lagi

Beberapa anime yang ada di Hulu memiliki dubbing atau sulih suara dalam bahasa Inggris dan tentunya subtitle dalam bahasa Inggris. Selain koleksi yang dimiliki Hulu, kalian juga bisa menambahkan koleksi dari stasiun TV lain, seperti HBO, Showtime, Cinemax dan Starz.

9. HBO Go

Kini Film HBO Go Bisa Ditonton dari Aplikasi Maxstream

HBO Go hadir di Indonesia melalui layanan Maxstream. Harga langganannya mulai dari Rp60 ribu per bulan yang bisa dibayarkan lewat pulsa dan Gopay yang terkoneksi dengan Google Pay. Pelanggan bisa menonton secara streaming lebih dari ribuan jam tayangan HBO Original, HBO Asia Original, dan film-film Hollywood melalui perangkat mobile atau smartphone.

10. Viki

Situs streaming film yang selanjutnya adalah Viki. Bagi Anda penyuka drama atau film Asia terbaik, Viki bisa menjadi pilihan yang tepat. Situs ini fokus pada film dan drama Asia yaitu China, Korea, dan lainnya.

11. Tubi

Tubi juga masuk di jajaran situs film streaming legal. Konten-konten film yang disajikan mulai dari genre horor, komedi sampai dokumenter. Tubi adalah aplikasi menonton film untuk Android dan iOS dengan kelebihan yang sangat banyak. Berbeda dengan Filmrise, Tubi menawarkan berbagai pilihan film dan program, dari film yang baru dirilis hingga anime, drama Korea, dan serial Inggris.

12. Retrovision

Situs streaming film legal yang terakhir adalah Retrovision. Bagi kita yang menyukai film-film bergenre klasik, maka Retrovision yang cocok. Situs ini menampilkan gambar hitam-putih yang identik dengan film-film lawas tahun 1990-an mulai dari genre komedi, roman, fiksi ilmiah, hingga drama.

13. Iflix

Iflix

Mirip-mirip dengan Netflix, situs streaming iFlix juga bisa jadi pilihan buat Anda untuk nonton film online. iFlix menyajikan banyak sekali konten film maupun serial original yang bisa dinikmati, termasuk dari Indonesia.

Meski tergolong lengkap, iFlix bisa dinikmati sepuasnya tanpa dipungut biaya lho, alias gratis. Tapi, Anda siap-siap saja “terganggu” dengan adanya iklan di tengah-tengah film.

Berbicara soal kualitasnya, film dan serial yang ditayangkan di iFlix punya kualitas yang bagus. Anda pun bisa download film favorit di perangkat Android atau iOS untuk ditonton secara offline di kemudian hari.

14. MaxStream

Telkomsel meramaikan industri streaming film di Indonesia lewat MaxStream. Layanan film online ini memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai konten video dari saluran video on demand lokal maupun internasional.

Film-film di layanan MaxStream memiliki kualitas gambar yang baik. Ada tiga pilihan paket, yakni Free Channel, Basic Channel dan Premium Channel. Selain itu, di masa pandemi ini, MaxStream juga menayangkan konser dan wisuda online.

Untuk harganya, cukup merogoh kocek mulai Rp10 ribuan saja kok agar bisa menikmati berbagai konten dari MaxStream. Sama seperti Netflix, layanan MaxStream juga bisa Anda tonton di perangkat Android dan iOS.

15. Amazon Prime Video

Ilustrasi Amazon Prime Video

Amazon pun tak kalah ingin bersaing di industri streaming film online. Lewat Amazon Prime Video, raksasa e-commerce besutan Jeff Bezos ini memberikan opsi baru kepada masyarakat Indonesia yang ingin nonton streaming film online dengan pilihan konten yang beragam.

Ada berbagai pilihan film terbaru di sini, khususnya dari Hollywood. Bagi Anda yang suka nonton film aksi dan menegangkan, Amazon Prime Video bisa menjadi pilihan yang pas.

Ada berbagai cara untuk bisa berlangganan, salah satunya adalah melalui potong pulsa. Salah satu operator yang melayani pembayaran via potong pulsa adalah Tri Indonesia. Aplikasi Amazon Prime Video bisa Anda unduh di Google Play Store dan Apple App Store.

Baca Juga: Google Tambahkan Fitur Unggulan Galaxy AI ke Pixel 8 dan 7 Series

 Baca Juga: Meski Bermanfaat, Ini Cara Teknologi AI Memusnahkan Umat Manusia