Find Us On Social Media :

Contoh Pemanfaatan AI Generatif di Industri Keuangan dan Kesehatan

By Adam Rizal, Senin, 18 Maret 2024 | 10:30 WIB

Ilustrasi AI (Artificial Intelligence).

Perkembangan teknologi AI generatif dari tahap uji coba menuju tahap produksi pada tahun 2024 menimbulkan tantangan baru dalam mengikuti perkembangannya. Fanly Tanto (Country Director Google Cloud Indonesia) mengatakan saat ini teknologi AI generatif berkembang pesat, mirip dengan percepatan digitalisasi saat awal pandemi COVID-19. 

"AI generatif membawa perubahan baru yang signifikan dalam berbagai sektor industri," katanya.

Dalam sektor retail, AI generatif menawarkan potensi besar untuk meningkatkan layanan pelanggan dengan adanya agen virtual yang memberikan respons instan, mengurangi beban pusat kontak, dan meningkatkan interaksi jual beli melalui percakapan online. Selain itu, AI generatif dapat membantu dalam pengelolaan katalog produk yang memakan waktu, dengan otomatisasi pengelolaan inventaris dan pembuatan deskripsi produk yang relevan.

"Agen virtual ini membuka peluang untuk meningkatkan interaksi jual beli melalui percakapan online, memungkinkan pembeli untuk menemukan produk yang mereka cari dengan cepat," katanya.

Di sektor jasa keuangan, AI generatif dapat digunakan untuk menganalisis data, menghasilkan wawasan, dan membuat keputusan yang lebih baik. Penggunaan model bahasa besar yang dikhususkan untuk bidang keuangan dapat membantu dalam memahami istilah dan konteks yang khas dalam industri ini. Model AI generatif itu dapat memberikan catatan atau link yang terhubung langsung ke data pendukung, membantu menjelaskan proses pengambilan keputusan kepada pelanggan secara transparan.

Sementara itu dalam sektor pelayanan kesehatan, teknologi AI generatif dapat membantu meredakan beban kerja administratif. AI generatif juga dapat membantu dokter dalam memberikan pelayanan yang lebih akurat dan efisien kepada pasien.

Meskipun menawarkan potensi besar, penting untuk diingat bahwa peran manusia tetap penting sebagai pengawas dan pengendali sistem AI. Implementasi AI generatif harus memperhatikan kepatuhan terhadap peraturan, pengurangan risiko, dan membangun kepercayaan pelanggan.

Dengan demikian, perkembangan AI generatif menjadi fokus utama dalam menjelang tahap produksi pada tahun 2024, diharapkan dapat memberikan peluang baru bagi perusahaan dan meningkatkan efisiensi secara aman, serta menetapkan standar baru di berbagai industri.

Baca Juga: Meski Bermanfaat, Ini Cara Teknologi AI Memusnahkan Umat Manusia

Baca Juga: Kenalkan Zyrex Maveric Ultra X, Laptop AI Tercepat di Indonesia