Find Us On Social Media :

Toyota dkk Buat Desain Mobil Pakai AI, Hasil Lebih Cepat dan Keren

By Adam Rizal, Senin, 18 Maret 2024 | 11:00 WIB

Toyota BZ4X

Beberapa pabrikan mobil Jepang, termasuk Toyota dan Subaru mengadopsi teknologi artificial intelligence (AI) generatif untuk membuat desain mobil terbaru. Hasilnya, penggunaan AI generatif mampu meningkatkan efisiensi dalam pengembangan model baru, dengan potensi memangkas waktu perencanaan dan desain hingga 50 persen. 

Toyota memimpin inisiatif itu dengan memanfaatkan teknologi AI penghasil desain gambar di lembaga penelitiannya di AS. Teknologi AI itu membantu menganalisis desain mobil dan mengoptimalkan fungsionalitas dengan mempertimbangkan hambatan udara.

Honda juga menggunakan AI generatif, bekerja sama dengan Sony untuk mengembangkan sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut (ADAS) untuk mobil AFEELA mendatang. Subaru dan Mazda, di sisi lain, mengambil pendekatan yang lebih luas dengan memusatkan perhatian pada pelatihan tenaga kerja mereka tentang prinsip-prinsip AI. 

Subaru bahkan meluncurkan program pelatihan untuk lebih dari 4.000 insinyur guna memperoleh keterampilan yang diperlukan dalam memanfaatkan AI generatif. Mazda juga mewajibkan pelatihan AI bagi karyawan tidak langsung di departemen desain dan eksperimental, dengan tujuan menggandakan efisiensi produksi pada tahun 2030 seperti dikutip Gizmochina.

Cara ini sangat ambisius tetapi dengan perkembangan teknologi AI yang cepat, mencapai target tersebut menjadi lebih realistis.Seiring dengan persaingan dalam pengembangan kendaraan listrik dan fitur-fitur mengemudi otonom, AI generatif dipandang sebagai alat yang kuat untuk mempercepat inovasi di industri otomotif. Kemungkinan besar, AI juga akan berperan dalam menciptakan desain atau fungsi mobil yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Baca Juga: OpenAI Bakal Luncurkan Model Bahasa GPT-4.5 Turbo, Lebih Canggih!

 Baca Juga: Kenalkan Zyrex Maveric Ultra X, Laptop AI Tercepat di Indonesia